Kesehatan

Update Vaksin Merah Putih Bikinan RI

(cnbcindonesia.com)-JAKARTA; Presiden Jokowi tak hanya mengandalkan vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech China untuk melawan corona. Indonesia akan mengandalkan vaksin merah putih.

 

Vaksin merah putih itu vaksin buatan dalam negeri. Vaksin corona ini memakai strain Covid-19 Indonesia dan saat ini dikembangkan oleh Lembaga Bio Molekuler (LBM) Eijkman.

 

Kepala LBM Eijkman Amin Soebandrio mengatakan pihaknya menargetkan, menyerahkan bibit vaksin ke industri pada bulan Februari-Maret 2020. Setelah itu akan dilakukan uji klinis fase satu, dua, dan tiga.

 

“Jadi ketika selesai dari Eikjman bisa langsung diproses oleh Bio Farma tanpa penyesuaian yang terlalu banyak. Platform ini dikuasai dan dikenal industri dalam hal ini Bio Farma,” ujarnya dalam wawancara dengan CNBC Indonesia, seperti dikutip Senin (24/8/2020).

 

Uji klinis adalah pengujian vaksin kepada hewan dan manusia untuk menemukan manfaat dan efektivitas vaksin dalam memerangi penyakit. Setelah uji klinis selesai maka akan dimintakan izin kepada otoritas kesehatan Indonesia untuk mendapatkan izin edar.

 

“Penyuntikan pertama (uji klinis fase satu) kemungkinan trimester kedua 2021 dan [uji klinis] diprediksi selesai akhir 2021 dan produksi massal [vaksin] pada awal 2022,” terang Amin Soebandrio.

 

(roy/roy; Muhammad Iqbal;  Bahan dari : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200824113011-37-181461/sayonara-corona-ini-update-vaksin-merah-putih-bikinan-ri)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close