Kesehatan

Tidak Melakukan Ini Sebelum Tidur

(republika.co.id)-JAKARTA; Tidur, kegiatan yang penting bagi tubuh. Sebab, pada saat itu, banyak organ tubuh beristirahat dan proses perbaikan seluruh tubuh. Karenanya, kurang tidur dapat menyebabkan komplikasi kesehatan.

 

Kurang tidur telah dikaitkan dengan perkembangan masalah, seperti kehilangan fokus, penambahan berat badan, kinerja atletik yang berkurang, perkembangan depresi, penurunan fungsi kekebalan, dan peningkatan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Ada beberapa gaya hidup dan faktor kesehatan yang menyebabkan ketidakseimbangan dalam jadwal tidur yang sehat. Beberapa di antaranya termasuk peningkatan beban kerja, stres, dan masalah mental.

Penting bagi kita menghindari beberapa hal yang dapat menghambat kualitas tidur. Berikut beberapa hal yang patut dihindari sebelum tidur, agar kita tidur lebih nyenyak, dilansir laman Times Now News, Sabtu (2/1).

 

1-Mengonsumsi kafein

Kafein terkenal karena kemampuannya memiliki efek “membuat melek”. Bergantung jumlah asupannya, stimulan ini bisa bertahan di dalam tubuh hingga 6 jam. Karena itu, sebaiknya kita harus menahan diri  tidak mengonsumsi kafein setelah pukul lima sore.

 

2-Latihan fisik

Melakukan latihan intens sebelum tidur membuat kita tidak bisa tidur nyenyak. Karena itu, sebaiknya hindari olahraga berat menjelang jam tidur. Suhu tubuh dan aktivitas kardiovaskular tubuh meningkat setelah latihan. Sebagai alternatif, kita bisa melakukan meditasi dan latihan yoga yang menenangkan.

 

(Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda Bahan dari  : https://republika.co.id/berita/qmangd414/5-hal-yang-sebaiknya-tak-dilakukan-sebelum-tidur)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close