Wisata dan Kuliner

Wamenparekraf Launching Gerakan Beli Kreatif Toba Di Balige

(lifestyle.sindonews.com)- Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angla Tanoesoedibjo meresmikan peluncuran Gerakan Beli Kreatif Daanau Toba di Balige, Kab-Toba, Sumut, pada (20/2).

Gerakan nasional (gernas) ini selain mengajak pelaku ekonomi kreatif berorientasi dengan platform e-commerce, dilengkapi pendampingan dan edukasi bagi pelaku ekonomi kreatif untuk mengembangkan serta memajukan usahanya di platform digital. Acara launching di Institut Teknologi Del, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumut.

 

Wamenparekraf/Wakil Kepala Badan Parekraf Angela mengatakan, dengan adanya pertumbuhan di sektor ekonomi kreatif ke platform e-commerce jadi solusi bagi pelaku ekonomi kreatif yang belum bisa memasarkan produk secara fisik akibat pandemi. Gerakan ini diharapkan memberi pengetahuan bagi pelaku kreatif memperkenalkan dan memasarkan produknya lewat platform digital.

“Penjualan produk secara fisik kini sulit dilakukan. Dengan lewat platform digital bisa membantu kita di masa sulit ini dan ini tujuan dari “Beli Kreatif Danau Toba”. Bagaimana kita onboarding ke platform digital serta berkolaborasi dengan mitra dan memberi pendampingan karena jualan fisik itu beda dengan jualan secara digital,” tuturnya saat berdiskusi dengan pelaku UMKM di Balige, Toba.

Presiden Jokowi hadir secara virtual dalam rangkaian acara yang sama untuk meresmikan gerakan Beli Kreatif Danau Toba sebagai upaya mengembangkan potensi ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba yang merupakan salah satu dari lima destinasi super prioritas (DSP).

 

Presiden mengatakan, gerakan ini lanjutan dari gerakan nasional “Bangga Buatan Indonesia” (BBI) yang 2021 ini difokuskan mengembangkan potensi daerah. “Pada 2020, gernas BBI berhasil mengajak lebih dari 3,8 juta pelaku kreatif dan UMKM yang onboard ke platform e-commerce meluaskan potensi pasar hingga nasional bahkan mancanegara,” kata Jokowi.

Muhammad Neil El Hilman Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif turut hadir dalam peluncuran Beli Kreatif Danau Toba di Balige, mendukung pelaku UMKM di Danau Toba agar segera beralih ke digital dalam rangka pemulihan ekonomi dan dapat bersaing di pasar internasional.

“Saya harap program Beli Kreatif Danau Toba jadi ruang dan peluang bagian dari program pemulihan ekonomi nasional serta tingkatan konsumsi produk domestik dan juga UMKM di Danau Toba dalam bertransformasi digital agar dapat bersaing baik di pasar nasional maupun di pasar global,” ungkapnya.

Dalam acara ini, Angela didampingi Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf / Baparekraf M. Neil El Himam dan Sekda Kabupaten Toba Samosir Audy Murphy Sitorus. Acara ini turut dihadiri secara daring oleh Menko Marinvest Luhut Binsar Pandjaitan, Gubernur BI Perry Warjiyo, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, serta Menkominfo Johny Gerard Plate.

 

(tsa; Bahan dari : MND Media dan https://lifestyle.sindonews.com/read/342278/156/wamen-parekraf-sukseskan-launching-gerakan-beli-kreatif-danau-toba-di-balige-kabupten-toba-1613908949)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close