Aku cinta Indonesia

ACL Menobatkan AP2 Paling Higienis Se Asia Pasifik

(wartaekonomi.co.id)-JAKARTA; Airport Council International (ACI) mengumumkan  nama-nama Bandara di dunia terbaik dalam menjalankan program  memperkuat aspek higienis guna pencegahan COVID-19.

 

Bandara terbaik yang meraih penghargaan Best Hygiene Measures by Region. Khusus Asia Pasifik, ada 7  yang meraih penghargaan dan 3 bandara ada di Indonesia, 3 bandara di India dan 1 bandara di China.

 

Ketiga bandara di Indonesia yang dinobatkan sebagai peraih Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific) itu seluruhnya dikelola PT Angkasa Pura II, yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Husein Sastranegara (Bandung) dan Bandara Depati Amir (Pangkalpinang).

 

Best Hygiene Measures by Region ini kategori baru dari Airport Service Quality (ASQ) Awards 2020, yang diukur : Efektivitas program keselamatan & higienis, kejelasan rambu dan instruksi program keselamatan dan higienis, kemampuan staf bandara mengaplikasikan program keselamatan dan higienis. Juga diukur tingkat kepercayaan traveler terkait program keselamatan, higienis, dan tekanan berdasar pengalaman.

 

“Penghargaan ini memberikan bandara metode andal mengukur respons pelanggan terhadap tindakan [protokol] kesehatan dan mengakui keberhasilan bandara merespons fokus [pelanggan] terhadap aspek higienis,” jelas ACI tertulis (1/3/2021).

 

Director General ACI World Luis Felipe de Oliveira dalam suratnya ke Presdir AP II M. Awaluddin, mengatakan di tahun sulit penuh tantangan pelanggan utarakan kesuksesan di bandara. “Pelanggan Anda berpendapat dan mengakui kesuksesan tim Anda mewujudkan customer experience luar biasa pada situasi menantang.”

 

Presdir AP II Awaluddin mengatakan pencapaian 3 bandara ini keberhasilan seluruh stakeholder dalam menerapkan protokol kebersihan dan kesehatan.

 

“Prestasi Bandara Soehat, Bandara Husein S dan Bandara Depati Amir bukan keberhasilan semata AP II, tapi seluruh stakeholder antara lain Otoritas Bandara Kemenhub, maskapai, KKP Kemenkes, Bea Cukai, Imigrasi, Balai Karantina, TNI/Polri, pihak ground handling, dan Satgas Udara Penanganan COVID-19 yang menjaga berjalannya protokol kesehatan,” ujar Awaluddin.

 

Bandara yang berperan tervital di tengah pandemi itu Soehat dan stakeholder mampu menjaga operasional bandara dengan baik.

 

“Kami berterima kasih kerja keras, kolaborasi dan sinergitas seluruh stakeholder sehingga Bandara Soehat di tengah pandemi ini dapat menerapkan protokol kebersihan terbaik di Asia Pasifik guna pencegahan COVID-19, dan tetap mempertahankan konektivitas penerbangan internasional dan menjalankan peran sebagai bandara jangkar rute domestik di Indonesia,” ujarnya.

 

Director of Operation PT AP II M. Wasid mengatakan di tengah pandemi pertama kalinya di Indonesia memperkenalkan konsep Biosafety dan Biosecurity Management memperkuat aspek higienis di seluruh bandara. Biosafety Management memiliki program memutus mata rantai penularan bahaya biologi, yakni biohazard precautions, environment screening, infrastructure sterilization, public health assurance, dan laboratory testing facilities.

 

“Perseroan juga menerapkan Biosecurity Management di bandara, terdiri dari ketentuan physical distancing, health screening, passenger touchless processing, facility cleanliness dan people protection,” ujar Muhamad Wasid.

 

ASQ Awards 2020

Adapun pada ASQ Award 2020, total 7 bandara AP II berhasil meraih penghargaan, yaitu:

– Soekarno-Hatta: Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific)

– Husein Sastranegara Bandung: Best Airport by Size and Region (2 to 5 million passengers per year in Asia-Pasific); Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific)

 

– Depati Amir Pangkalpinang: Best Airport by Size and Region (under 2 million passengers per year in Asia-Pacific); Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific)

– Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang: Best Airport by Size and Region (2 to 5 million passengers per year in Asia-Pacific)

 

– Supadio Pontianak: Best Airport by Size and Region (2 to 5 million passenger per year in Asia-Pacific)

– Sultan Thaha Jambi: Best Airport by Size and Region (under 2 million passengers per year in Asia-Pacific)

– Silangit: Best Airport by Size and Region (under 2 million passengers per year in Asia-Pacific)

 

(Penulis: Redaksi WE Online Editor: Alfi Dinilhaq; Bahan dari : https://www.wartaekonomi.co.id/read330238/aci-nobatkan-3-bandara-ap-ii-paling-higienis-se-asia-pasifik-cegah-covid-19)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close