Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Aerobik Virtual YFC Jabar Jumat (23-04-2021)-Dan Manfaat Aerobik

Kali ini Senam Aerobik Virtual YFC Jabar pada hari  Jumat tanggal 23-04-2021-Trio yang telah kita kenal yaitu p. Sonci, mBak Ulan dan mas Diki tampil lagi dan melayani para Pensiunan yang ingin menggapai kesehatan

Tercatat peserta Aerobik Jumat itu sebanyak 48  dan Anggota KJS BLA yang Mengikuti  Senam Aerobik Virtual Bersama YFC  pada hari Jum’at tgl.23-04-2021

1-Djuhana/500067.000

2-Ratna Sukmaningsih/500067.100

3-Fatchur Rochman/490197.000

4-I Gusti Ngurah Duinda/520421.000

5-Tin Yusnita/520421.100

6-Esih Sukaesih/500825.100

7-Entin Rustini/640498.000

Tidak mau ketinggalan pasangan ini ikutan jjuga dalam bentuk OR Mandiri  yaitu :

1-Memet Rs/470027.000 Jalan Santai.

2-Siti Haruti/470027.100 Jalan Santai.

Agar makin seru, maka kali ini disajikan manfaat Aerobik dari cuplikan sumber berikut ini :

(klikdokter.com)-JAKARTA; Pastinya Anda tahu OR itu baik untuk kesehatan? Karenanya Anda Aerobik Virtual ini. Manfaat Aerobik itu merangsang denyut jantung agar meningkat selama sesi OR ini dan melatih kinerja organ jantung dan pernapasan.

Dikenal dengan latihan kardio contohnya joging, berenang dan bersepeda. Jika Anda rutin melakukannya, ada banyak manfaat sehat yang bisa Anda petik.

Manfaat Aerobik

Latihan aerobik banyak manfaat untuk kesehatan. Dengan melakukan teratur, kondisi fisik Anda akan selalu bugar. Daya tahan tubuh meningkat. Berikut manfaat latihan aerobik yang bisa Anda peroleh:

1-Menjaga berat badan tetap terkontrol

Jika Anda tipe orang yang mudah naik berat badannya, maka lakukan aerobik. Jika dikombinasikan diet sehat, OR ini  efektif untuk membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

2-Meningkatkan stamina kebugaran dan kekuatan

Jika tidak biasa ber-OR, maka Anda mungkin lelah ketika pertama memulai latihan aerobik. Bila aerobik dilakukan jangka panjang, stamina akan meningkat dan Anda tidak mudah lelah. Sebab, selama aerobik, Anda melatih kinerja otot jantung dan mengatur pernapasan agar dapat bekerja dengan lebih baik.

3- Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Latihan aerobik dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh jadi lebih baik, maka Anda kebal pada berbagai penyakit, misalnya infeksi tenggorokan oleh rhinovirus yang umum terjadi.

4-Mengurangi risiko Diabetes (DM)

Dengan latihan aerobik, Anda menurunkan risiko penyakit DM. Dan latihan aerobik juga  membantu dalam mempertahankan gula darah bagi Diabetasi. Karena ada peningkatan penggunaan gula oleh otot saat ber-OR, jadi gula darah akan turun. Selain DM, OR teratur juga menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, stroke dan hipertensi.

5-Menjaga ketajaman berpikir

Aktivitas fisik/Aerobik teratur dapat melindungi daya ingat, penalaran, dan kemampuan berpikir. Juga  mencegah demensia dan meningkatkan kemampuan kognitif Lansia. Bahkan WHO merekomendasikan individu usia (65) ke atas melakukan aerobik intensitas sedang 150 menit tiap minggu atau aerobik intensitas tinggi 75 menit/ minggu.

Hal ini untuk menurunkan risiko terjadinya demensia pada orang tua. Latihan aerobik tidak hanya baik untuk orang tua, tapi juga dapat meningkatkan fungsi kognitif pada anak-anak dan remaja.

6-Meningkatkan Mood

Latihan aerobik dapat mengurangi kecemasan, dan meningkatkan relaksasi. Bila dilakukan teratur juga  meningkatkan kualitas tidur. Anda juga dapat berlatih berkelompok untuk membantu meningkatkan mood selama berolahraga.

7-Umur lebih panjang

Latihan aerobik dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit. Hasilnya jika dilakukan secara rutin, latihan ini bisa membuat Anda memiliki umur yang lebih panjang.

(NV/RVS; dr Alvin Nursalim. SpPD; https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3630154/manfaat-latihan-aerobik-untuk-kesehatan

(Dukungan data : Djuhana-KJS Tegallega Bandung Selatan )-FatchurR

Aerobik Virtual YFC Jabar Jumat (23-04-2021)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close