Wisata dan Kuliner

Deretan Masjid Obyek Wisata Religi di Surabaya

(travel.okezone.com)-SURABAYA;  salah satu pusat penyebaran Islam di tanah Jawa. Kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia ini memiliki keanekaragaman budaya dan sejarah.

Selain pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan, Surabaya itu kota Wisata Religi. Banyaknya situs peninggalan Islam masa lampau dan ragam budaya membuat kota dengan ikon hiu dan buaya ini menarik dikunjungi. Berikut masjid di Surabaya yang menjadi objek wisata religi :

1-Masjid Cheng Ho

Masjid unik serupa kelenteng ini sentuhan arsitekturnya dengan akulturasi budaya Tiongkok, Jawa, dan Islam. Di gerbang masuk masjid berdesain pagoda, ada naga dan singa dari lilin bertulis firman Allah SWT dalam huruf Arab di atasnya. Bangunannya kombinasi hijau, kuning dan merah.

Dibangun 2021, nama Cheng Ho ditabalkan sebagai  bentuk penghormatan ke laksamana muslim China yang  ke Jawa, ketemu Raja Majapahit lalu menyebarkan Islam. Ada 8 sisi masing-masing punya arti menurut Islam dan China, misal nomor 11 melambangkan ukuran Ka’bah, nomor 9 menggambarkan Wali Songo, penyebar Islam di Jawa, serta 8 melambangkan pat kwa yaitu keberuntungan atau mulia.

Masjid di Jalan Gading No.2, Kelurahan Ketabang, Kecamatan Genteng, ini bisa menampung 200 jamaah. Masjid ini adalah masjid pertama di Indonesia pakai nama Muslim Tionghoa dan jadi simbol perdamaian umat beragama.

2- Masjid Sunan Ampel

Masjid Sunan Ampel, salah satu wisata religi dibangun tahun 1421 oleh Sunan Ampel (wali songo yang di Jatim) dan jadi salah satu bangunan tertua. Terletak di Jalan Pertukangan I, Ampel, Semampir, pada masanya, Masjid ini tempat berkumpulnya ulama dan wali berbagai daerah di Jawa, membicarakan penyebaran Islam. Arsitektur bangunannya kental budaya Jawa kuno dan Arab.

Selain tempat ibadah, daya tarik masjid ini ada sumur air berkah yang diyakini kelebihannya seperti air zamzam di Mekah. Tak ketinggalan Makam Sunan Ampel jadi destinasi wisata dan menjadi tujuan dari para pelancong berziarah.

Wisata religi di area pecinan dan dekat dengan kampung Arab. Ada area pasar yang lokasinya tidak jauh dari Makam Sunan Ampel. Tersedia peralatan yang dibutuhkan untuk ibadah, nasi kebuli, kurma dan berbagai pilihan buah tangan ala Timur Tengah.

3- Masjid Nasional Al Akbar

Masjid yang lebih dikenal dengan Masjid Agung ini juga wisata religi ikonik. Terletak di wilayah Kebonsari Surabaya ini ditetapkan sebagai masjid terbesar kedua setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Corak ukiran dan kaligrafi di bagian dalam kubahnya jadi keunikan dari masjid ini. Selain kubah warna biru yang dikelilingi 4 kubah lain berukuran lebih kecil, masjid ini tinggi menaranya 99 meter.

Arsitektur bagian dalam masjid ini membuat pengunjung merasa tenang saat berada di dalamnya. Hingga saat ini, Masjid Nasional Al Akbar digunakan sebagai pusat dakwah di Surabaya. Tak heran, masjid kerap jadi tujuan utama peziarah dari luar Surabaya.

(sal; Dinny Ayu Anggarda Paramitha;  Bahan  dari : https://travel.okezone.com/read/2021/02/18/408/2364240/deretan-masjid-objek-wisata-religi-di-surabaya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close