Islam

Kebahagiaan Yang Diraih Orang Berpuasa

(muslim.okezone.com)-JAKARTA; Ada dua kebahagian diraih orang yang berpuasa Ramadhan yang penuh berkah. Dalam hadis dikatakan, “Bagi yang berpuasa akan dapat 2 kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa Rabbnya.”

 Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal dalam bukunya “Ringkasan Panduan Ramadhan, Bekal Meraih Ramadhan Penuh Berkah” dikutip pada Senin (22/2/2021) menyebutkan kebahagian orang yang berpuasa di bulan Ramadhan yakni; Pertama, Kebahagiaan pertama ketika seseorang berbuka.

Yaitu jiwa begitu ingin mendapat hiburan dari hal-hal yang dia rasakan tidak menyenangkan ketika berpuasa, yaitu jiwa sangat senang menjumpai makanan, minuman dan menggauli istri.  Jika seseorang dilarang dari bermacam syahwat saaat puasa, dia akan merasa senang jika hal itu diperbolehkan lagi.

Kedua, Kebahagiaan kedua adalah ketika seorang hamba berjumpa dengan Rabbnya yaitu dia akan jumpai pahala amalan puasa yang dia lakukan tersimpan di sisi Allah. Itulah ganjaran besar yang sangat dia butuhkan. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya):

“Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan) nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya.” (QS. Al Muzammil: 20).

(Vitri; Vitrianda Hilba Siregar;  Bahan  dari :  https://muslim.okezone.com/read/2021/02/22/330/2366207/dua-kebahagiaan-diraih-orang-berpuasa-ramadhan)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close