Iptek dan Lingk. Hidup

Bukan Tesla Ini Mainan Baru Elon Musk

(cnbcindonesia.com)-JAKARTA; Ide dari pengusaha kawakan Elon Musk tidak ada habisnya. Kali ini pendiri SpaceX dan mobil listrik Tesla itu memiliki ‘mainan’ baru yang dapat memungkinkan hewan melakukan hal-hal yang juga dilakukan manusia. Canggih.

Dalam video yang dirilis Neuralink, perusahaan implan yang dimiliki Musk, terlihat seekor monyet tampaknya memainkan permainan komputer Pong hanya dengan menggunakan pikirannya.

Monyet jantan berusia (9) bernama Pager itu memiliki perangkat Neuralink yang ditanamkan di kedua sisi otaknya, menurut video YouTube yang diposting oleh perusahaan tersebut pada hari Jumat (9/4/2021).

“Dia belajar berinteraksi dengan komputer untuk mendapatkan smoothie pisang lezat yang disajikan melalui sedotan,” kata narator dalam video tersebut saat Pager menggerakkan kursor pada layar menggunakan joystick.

Kedua perangkat Neuralink merekam aktivitas otak melalui lebih dari 2.000 elektroda kecil yang ditanamkan di korteks motorik Pager, yang mengontrol gerakan tangan dan lengan, menurut video itu.

Neuralink memasukkan info dari neuron monyet ke decoder, yang dapat digunakan memprediksi gerakan tangan yang diinginkan Pager dan memodelkan hubungan antara aktivitas otak dan gerakan joystick.

Setelah periode kalibrasi singkat, output dari decoder dapat digunakan menggerakkan kursor, alih-alih Pager yang memanipulasi joystick. Kemudian joystick terputus dan Pager ditampilkan menggerakkan kursor hanya dengan menggunakan otaknya.

“Tujuan kami memungkinkan orang yang lumpuh untuk menggunakan komputer atau ponsel dengan aktivitas otaknya sendiri,” kata narator, menjelaskan bahwa orang akan menyesuaikan decoder mereka dengan membayangkan gerakan tangan.

(tas; tas; Tommy Sorongan;  Bahan dari : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210410120339-37-236806/canggih-bukan-tesla-ini-mainan-baru-elon-musk)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close