Iptek dan Lingk. Hidup

David Waren Membuat Black Box Usai Ayahnya Kecelakaan Pesawat

(cnnindonesia.com)- Jakarta, Kotak hitam atau Black Box pesawat Sriwijaya Air SJ 182yang jatuh di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara telah ditemukan (12/1), walau belum lengkap.

 

Kotak yang selalu dicari ketika terjadi tragedi kecelakaan ini dapat menginformasikan kegiatan pesawat termasuk tekanan udara hingga kondisi cuaca selama penerbangan. Sebagian besar, penyebab kecelakaan pesawat diketahui melalui black box.

 

Dibalik peranan pentingnya dalam penerbangan, sebagian orang tidak tahu sosok dibalik penemuan kotak hitam. Dilansir dari Thoughtco, penemu black box itu lelaki asal Australia bersama David Warren. Kecelakaan pesawat terhadap ayahnya (1934) membuat Warren ingin menciptakan perekam data penerbangan.

 

Warren lahir (1925) di Groote Eylandt, pulau di lepas pantai utara Australia. Pada 1950 an, Warren bekerja untuk Aeronautical Research Laboratories di Melbourne.

 

Melansir ABC News, sekitar 7 tahun kemudian dia menyelesaikan prototipe pertamanya yang disebut ‘Memory Unit’. Sayangnya, penemuan itu lebih banyak mengundang kritik dibandingkan pujian.

 

Akhirnya, Inggris dan AS menanggapi penemuan Warren lebih serius dan memproduksi massal black box . Masih berasal dari sumber yang sama, Warren dikabarkan tidak mendapat imbalan finansial atas penemuannya. Penemuan Warren diakui negaranya (2002). Dia akhirnya dianugerahi Orde Australia atas kontribusinya. Warren menutup usia pada 2010 dalam usianya ke 85.

 

Istilah penggunaan nama black box muncul pertama pada Perang Dunia II, dari pengembangan radio, radar, dan alat bantu navigasi elektronik di pesawat tempur Inggris dan Sekutu.

 

Perangkat elektronik yang sering dirahasiakan ini secara harfiah terbungkus di kotak hitam atau rumah non-reflektif. Karena itu dinamakan ‘Black box’. Warna oranye dipilih agar terlihat terang dan mencolok secara visual di antara puing-puing setelah kecelakaan.

 

Fakta selanjutnya, meski dinamai black box, kotak hitam itu tidak memiliki bentuk kotak dan tidak berwarna hitam. Bentuk black box sendiri berupa silinder yang dipasang pada dua bagian logam besar. Bentuknya lebih mirip kompresor udara daripada alat perekam.

 

(Can/DAL;  Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210112185801-199-592844/david-warren-buat-black-box-usai-ayahnya-kecelakaan-pesawat)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close