Iptek dan Lingk. Hidup

Ditemukan Terumbu Karang Setinggi 500 Meter

(beritasatu.com)-CANBERRA; Terumbu karang yang besar ditemukan di ujung utara Great Barrier Reef Australia. Menurut ilmuwan, seperti dilaporkan BBC, Rabu (28/10), penemuan karang ini yang pertama dalam 120 tahun.

 

Dengan ketinggian 500 meter, terumbu karang ini lebih tinggi dari Empire State Building di New York dan Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia. Ilmuwan dalam misi 12 bulan menemukan struktur itu, terlepas dari Great Barrier Reef di lepas Cape York. Mereka melakukan pemetaan 3D dasar laut di area tersebut.

 

Sekelompok tim di atas kapal penelitian milik Schmidt Ocean Institute (SOI), satu kelompok nirlaba yang berbasis di California, menggunakan robot bawah air untuk menjelajahi terumbu karang.

 

“Untuk menemukan karang baru setinggi setengah kilometer di lepas pantai Cape York di Great Barrier Reef yang terkenal menunjukkan betapa misteriusnya dunia di luar garis pantai kita,” kata direktur eksekutif SOI, Dr Jyotika Virmani.

 

Dikenal sebagai SuBastian, robot itu menyiarkan langsung video penemuan tersebut pada Minggu (25/10) dan mempostingnya ke YouTube.

 

“Kombinasi data pemetaan dan pencitraan bawah air yang hebat ini untuk memahami terumbu baru ini dan perannya dalam Area Warisan Dunia Great Barrier Reef yang luar biasa,” ujarnya. Great Barrier Reef, terumbu karang terbesar di dunia, adalah rumah bagi lebih dari 1.500 spesies ikan, 411 spesies karang keras, dan puluhan spesies lainnya.

 

(Unggul Wirawan; WIR; Bahan dari : Suara Pembaruan dan https://www.beritasatu.com/dunia/693405/ilmuwan-temukan-terumbu-karang-setinggi-500-meter)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close