TELKOMGrup dan SEKAR

Genjot Bisnis IOT Ini Yang Diincar Telkom

(teknologi.bisnis.com)- JAKARTA; PT Telkom berupaya terus mengembangkan konektivitas dan platform IoT untuk mendorong bisnis IoT. Pada 2021, pengembangan solusi IoT Telkom akan difokuskan pada sektor utilitas, transportasi, dan logistik.

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza mengatakan IoT bagian dari digital platform, yaitu domain bisnis digital yang fokus dikembangkan Telkom. Pengembangan bisnis ini dilakukan dengan mengembangkan 2 rantai nilai yang ada di IoT milik Telkom, yaitu bisnis konektivitas khusus IoT (LoRaWAN) dan pengembangan platform IoT (Antares).

“Sektor yang jadi fokus pasar bisnis IoT diantaranya segmen utilities, transportasi dan logistik,” kata Reza ke Bisnis, Selasa (5/1). LoRa/LoRaWAN itu teknologi transmisi data jarak jauh untuk perangkat IoT yang dikembangkan Telkom.

Teknologi ini keunggulannya hemat baterai dan berjalan di frekuensi 920-923 MHz. LoRa memiliki jangkauan jarak 5 Km di daerah padat penduduk dan 15 Km di daerah pedesaan. Konsumsi dayanya rendah sehingga memungkinkan peralatan IoT berbasis baterai bisa bertahan lebih dari 10 tahun.

Solusi IoT Telkom dengan LoRa adalah pemantauan level kedalaman air, misalnya, di  tangki. Sensor akan memonitor level air secara periodik untuk dilakukan analisa. Jika ada tangki kekurangan air, pengisian akan cepat dilakukan melalui informasi yang dikirim via ponsel atau PC. Tahun 2021 Telkom juga terus membuat komunitas IoT dengan mengembangkan solusi dan inovasi bersama universitas terkemuka.

Telkom juga berkolaborasi dengan perusahaan rintisan dan bekerjasama dengan perusahaan yang lebih dulu mengembangkan bisnis IoT di luar negeri. Reza berpendapat tantangan dalam mengembangkan bisnis IoT saat ini, proses panjang untuk implementasi teknologi IoT.

Pelanggan perlu merasakan pengalaman dan manfaat yang ditawarkan IoT sehingga butuh mekanisme bukti konsep atau proof of concept (PoC) sebelum komersial di pasar. “Melalui tahapan PoC, Telkom tidak hanya memperoleh manfaat dari sisi pelanggan yang merasakan hasilnya, tapi juga dapat mendukung Telkom dalam pengembangan kapabilitas dan portfolio perusahaan,” kata Reza.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Genjot Bisnis IoT, Telkom Incar Sektor Ini “, Klik selengkapnya di sini: https://teknologi.bisnis.com/read/20210106/101/1339251/genjot-bisnis-iot-telkom-incar-sektor-ini. Author: Leo Dwi Jatmiko; Editor : Amanda Kusumawardhani

Download aplikasi Bisnis.com terbaru untuk akses lebih cepat dan nyaman di sini:
Android: http://bit.ly/AppsBisniscomPS
iOS: http://bit.ly/AppsBisniscomIOS

(FatchurR )*

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close