Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Senam Yoga Virtual (17-05-2021) Dan Tahukah Anda Yoga Itu OR Terbaik

Anda tidak salah telah ikut dan memanfaatkan Fasilitas dari Yakes Area Jabar diantaranya penyelenggaraan Senam  Yoga dan Aerobik dan fasilitas lainnya

Kali ini Senin tanggal 17 Mei 2021 mulai jam 09.00 mas Diki siap memandu Anda para pensiunan dari Klub Sukabumi hingga Bandung Raya. Total peserta hari itu tercatat sebanyak 40 orang

Diantara yang hadir tampak dari :

-Klub Sukabumi : Pasangan Arifin dan Ai Suwarni serta Dirianto

-Mabes : Konsisten selalu hadir pasangan M. Rifai dan Musriyati

-LongHill : Hardjanto; Sri Widayati; Sumiyati n Dindin; Wiwiek Hendhayani serta Pasangann Wulan n Koesp

Sedangkan dari Klub KJS BLA hadir di Yoga dan Senam Mandiri sebagai berikut :

1-Djuhana/500067.000

2-Fatchur Rochman/490197.000

3-Entin Rustini/640498.000

4-Esih/500825.100

5-Tatang Kartiwa/490347.000

6-Sumariswati.

OR MandirI  :

1-Agus Basworo/560715.000 Nge Goes

2-Atang/350314.000 Jalan Santai.

Senam tersebut berjalan lancar dan diakhiri dengan pengumuman, sementara setelah Lebaran ini Yoga dimulai jam 09.00 sampai ada pengumuman berikutnya. Namun senam Aerobik tetap jam 08.00

Tidak ada salahnya ikuti cuplikan artikel dari sumber berikut “Alasan Yoga disebut OR terbaik”. Monggo

(www.merdeka.com/sehat) -Yoga, yang dikenal sejak 5.000 tahun silam, jadi sejarah filosofi spiritual di India. Tujuan utama dari yoga sebenarnya jauh dari olahraga. Yakni ‘merilis’ kekuatan spiritual dan mental. Namun, yoga kini populer sebagai OR melawan stress dan problem kecemasan yang melanda masyarakat modern.

Terlepas dari aspek spiritual, aspek kesehatan psikologis jadi alasan utama seseorang melakukan yoga. Bahkan yoga dianggap bermanfaat dari sisi ilmiah dan sains. Yuk kita pahami mengapa yoga jadi olahraga terbaik yang dapat kita lakukan. Berikut ulasannya.

1-Mengurangi hormone stress

Ketika stres, tubuh akan merilis hormon bernama kortisol, yang membuat kita seakan ‘sadar’ bahwa kita dalm situasi kritis. Sayangnya, hormon ini mengganggu fungsi tubuh dalam jangka panjang. Dengan yoga, tingkat stres dapat direduksi, sehingga produksi kortisol berkurang dan jiwa jadi lebih tenang.

2-Merilis enzim antioksidan

Hal buruk asal di luar tubuh kita seperti polusi dan makanan tidak sehat, membuat tubuh membentuk radikal bebas akar dari banyak penyakit berbahaya seperti kanker. Untuk melawannya, tubuh memiliki sistem pertahanan internal berupa enzim antioksidan. Tingkat enzim antioksidan tubuh bisa meningkat dengan bantuan yoga,jika Anda rutin yoga, penyakit juga tak akan menjangkit Anda dalam jangka panjang.

3-Merangsang system saraf parasimpatik

Yoga merangsang sistem saraf parasimpatik, yang krusial menenangkan dan mengembalikan keseimbangan mental pasca stres. Ketika sistem saraf parasimpatik ‘menyala,’ aliran darah ke kelenjar endokrin, organ pencernaan dan organ lain. Detak jantung lebih ‘kalem’ dan tekanan darah berkurang.

4-Meningkatkan imun tubuh

Yoga sudah dikenal mampu mereduksi jumlah kortisol. Terlalu banyak kortisol dapat mengurangi keefektifan sistem imun tubuh dalam menjaga sistem dalam tubuh. Yoga yang mampu mengontrol kadar kortisol tentu dapat meningkatkan sistem imun tubuh yang dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit.

5-Menyembuhkan kecanduan

Berbagai ‘candu’ mulai makanan enak hingga zat berbahaya, memiliki cara kerja merilis dopamine di otak. Dopamin bisa didapat natural dengan melakukan yoga. Jadi jika Anda bermasalah dengan candu, lakukan yoga bisa membantu Anda untuk lepas dari jeratan candu itu.

6-Yoga dapat mempertajam ingatan

Ilmuwan yang melakukan scan otak pakai MRI, menemukan orang yang ber yoga, punya ‘gray matter’ di otak mereka ketimbang yang tidak ber yoga. Gray matter  berfungsi pusat pemrosesan / analisa informasi. Dengan yoga lebih banyak, area ini bisa makin meluas dan berpotensi mempertajam ingatan.

7-Yoga membantu kita tidak menoleh ke masa lalu

Banyak testimoni dari pegiatnya, bahwa yoga membuat kita fokus pada masa kini dan masa depan. Hal ini karena manfaat ketika ber yoga, membuat seseorang sadar akan pemikiran negatif mereka di masa lalu, dan makin sadar membuangnya. Demi mempertahankan situasi positif yang dibangun ketika yoga.

(Idc;  https://www.merdeka.com/sehat/7-alasan-mengapa-yoga-adalah-olahraga-terbaik.html)-

Dengan memperhatikan manfaat Yoga ini, tunggu apalagi ikut bergabung dengan Yoga melalui YWC Area Jabar. Kalau tidak mulai dari sekarang mau kapan lagi???

(Kolaborasi Djuhana-KJS Tegallega Bandung Selatan dan FatchurR)

Senam Yoga Virtual (17-05-2021) Dan Tahukah Anda Yoga Itu OR Terbaik

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close