Wisata dan Kuliner

Uniknya Arsitektur Instalasi Bambu Tarik MInat

(beritasatu.com)-JAKARTA; Keunikan Arsitektur tradisional nusantara tak bisa dilepaskan dari penggunaan material bambu yang punya banyak kelebihan. Aneka kelebihan bambu juga menarik minat pencintanya, untuk diterapkan pada berbagai fungsi arsitektur.

Direktur PT KDP, Hendry Sjarifudin, mengatakan, bambu secara tradisi bagian kehidupan, mulai material bangunan hunian, konstruksi jembatan, pengaman lingkungan, perlengkapan rumah tangga, alat kesenian dll. “Karakter bamboo, bahan berongga beruas, bersifat lentur dan  kekuatan tariknnya mengagumkan,” katanya di acara seminar “Arsitektur Instalasi Bambu” digelar virtual,  (22/4/21)

Berpedoman konstruksi bamboo, menciptakan atap khas bangunan tradisional, menginspirasi ahli bambu dan arsitek melakukan terobosan merancang bambu jadi karya arsitektur menarik. “Bambu tanaman tropis karakteristiknya tetap ketika dipadu seperti logam, kaca dan beton. Karya arsitektur bambu jadi menarik. Bukan tidak mungkin akan mewarnai destinasi wisata di Indonesia,” jelasnya.

Peneliti UGM yang mendalami karakter bambu, Inggar Sephtia Irawati, mengatakan, keandalan dan keindahan arsitektur instalasi bambu tidak lepas dari pengetahuan tentang kekuatan material khususnya bambu untuk pembangunan yang aman dan kuat.

“Bambu bahan bangunan unggul dan ramah lingkungan. Material ini salah satu aset bangsa yang memiliki nilai tinggi dan mampu memukau banyak orang, termasuk wisatawan mancanegara,” kata Inggar.

(Feriawan Hidayat; FER; Bahan dari :  BeritaSatu.com dan https://www.beritasatu.com/gaya-hidup/764219/keunikan-arsitektur-instalasi-bambu-tarik-minat-wisman)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close