Iptek dan Lingk. Hidup

Cara Jitu Agar Penyimpanan WA Tidak Penuh

(cnnindonesia.com)-JAKARTA, WA jadi salah satu aplikasi  pesan yang hampir digunakan semua orang. Tidak hanya teks, WhatsApp dapat mengirim foto, file, suara, telepon dan melakukan panggilan video atau video call.

Dengan berbagai fitur yang dihadirkan WA jadi kendala bagi pemilik ponsel dengan memori internal kecil. Bisa saja Anda sebagai pengguna tidak memiliki banyak file tersimpan.

Bagaimana cara agar penyimpanan WhatsApp tidak penuh dan memakan memori internal? Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi hal tersebut.

1-Hapus semua

Dikutip dari Wired, beberapa obrolan WA paling lama berjalan dan aktif jadi kemungkinan menghabiskan penyimpanan memori internal. Aplikasi WA memperkenalkan fitur baru untuk mengatur penyimpanan dan bisa mengembalikan kinerja ponsel Anda.

Langkah yang dilakukan untuk menghapus semuanya:

a-Buka Pengaturan atau ketuk tiga titik di bagian kanan atas WA.

b-Pilih Penyimpanan dan Data dan ketuk Kelola Penyimpanan. Pada laman ini banyak penyimpanan yang digunakan masing-masing percakapan.

c-Ketuk seseorang atau grup di situ Anda bisa lihat banyak pesan, kontak, foto, lokasi, gif, video, dokumen dan pesan audio yang disimpan.

d-Anda bisa kosongkan ruang dengan memilih opsi di layar dan putuskan kategori data yang akan dihapus.

2-Menonaktifkan Fitur unduh otomatis

WA secara otomatis mengunduh foto dan video melalui jaringan Wifi atau data seluler untuk memberi akses cepat ke file bersama pesan. Ini tak hanya makan bandwith internet pengguna tapi juga memori yang besar dari waktu ke waktu.

Karena itu, Anda bisa nonaktifkan fitur unduh otomatis setidaknya  video. Berikut langkah menonaktifkan unduh secara otomatis seperti yang dilansir dari Gadget to Use:

a-Buka Pengaturan atau ketuk tiga titik di bagian kanan atas

b-Pilih Penggunaan Data dan Penyimpanan

c-Pilih Unduh Otomatis Medi. Anda bisa ubah preferensi unduh otomatis jadi tak ada atau hanya foto.

3-Hapus Cache pada WA

Cara agar penyimpanan tidak penuh lainnya, hapus cache pada aplikasi WhatsApp. Ini langkah alternatif bila memori internal Anda masih belum bisa diselamatkan.

Sebelum menghapus cache dan data dari Pengaturan ponsel, pastikan menyimpan cadangan (back up) obrolan pada WA.

Demikian cara agar ruang penyimpanan WA tidak penuh. Setidaknya dengan mengikuti tips itu, ruang penyimpanan memori internal berkurang. Sehingga kinerja ponsel tidak lemot dan bisa lancar.

(auz/feff;  Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210326094653-190-622332/3-cara-jitu-agar-penyimpanan-whatsapp-tidak-penuh)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close