Iptek dan Lingk. Hidup

Tombol Rahasia di WA Silahkan Bisa Dicoba

JAKARTA, WA menyajikan beragam fitur bermanfaat bagi penggunanya. Namun, tak semua pengguna WA memanfaatkan fitur yang disediakan.

Meski pakai aplikasi milik FB itu tiap hari, kita mungkin tak tahu ada fitur dan ‘tombol’ rahasia di WA yang disematkan di aplikasi. Berikut tombol rahasia di WA dan tips memakainya yang bisa dipelajari sehingga memaksimalkan penggunaan aplikasi kirim pesan ini.

1-Pesan berbiintang (starred Message)

Untuk lebih mudah dan cepat cari pesan lama yang terbenam dengan chat baru, kita bisa pakai fitur pesan berbintang atau starred message yang fungsinya sama dengan pinned. Caranya,  tinggal tekan tahan pada pesan yang ingin ditandai, muncul opsi tanda bintang di bagian atas layar. Tekan simbol itu. Kini pesan penting itu dapat cepat ditemukan di tab “Pesan berbintang” di menu utama.

2-Sembunyikan centang biru

Centang biru menandakan penerima pesan sudah membuka dan membacanya. Jika malas untuk segera membalas, kita bisa menonaktifkan centang biru itu. Jika mematikannya, kita tak akan mendapat tanda terima baca centang biru saat mengirim pesan ke orang lain. Untuk menonaktifkan centang biru, buka Pengaturan> Akun> Privasi> Untick Read Receipts.

3-Ubah Font jadi lebih menarik

Selain memberi emotikon agar chat lebih menarik, kita bisa ubah font lebih menarik dan berbeda. Fitur ini memberi penekanan lain pada pesan tulis dengan huruf tebal, miring, dan coret. Caranya, tambahkan tanda (*) di kedua sisi kata atau frasa untuk aksen tebal, tambah garis bawah (_) untuk memiringkan huruf, dan tilde (~) untuk mencoret.

4-Kunci WA dengan Face ID atau Touch ID

Di WA ada fitur keamanan ganda pada aplikasi chatting. Bagi pengguna iOS, dapat mengatur akun WA meminta otentikasi Face ID atau Touch ID saat buka WA, bahkan ketika perangkat tidak terkunci sekalipun.

Caranya, masuk ke Pengaturan> Akun> Privasi> Kunci Layar> Aktifkan Face ID atau Touch ID. Pilih durasi waktu (segera, setelah satu menit, setelah 15 menit, atau setelah 1 jam). Pengguna WA di iOs tak perlu menginstal lagi aplikasi lain dari pihak ketiga untuk mengunci WhatsApp.

5-Membisukan grup berisik

Jika memiliki grup yang ramai dan mergganggu namun tak bisa keluar dari sana, kita bisa menonaktifkan notifikasi grup dengan fitur mute group notifications atau bisukan pemberitahuan grup. Ada 3 pilihan waktu membisukan grup, yakni 8 jam, seminggu, atau selamanya. Ketuk dan tekan tahan grup yang ingin dibisukan > pilih simbol mute pada bagian atas layar > pilih waktunya.

 6-Melihat detail pesan

WA punya fitur informasi jam berapa pesan terkirim dan terbaca oleh penerima. Bagi pengguna iPhone, geser ke kiri pesan yang Anda kirim untuk melihat detail informasi itu. Bagi pengguna Android, kita bisa tekan tahan chat yang ingin disorot, kemudian pilih ikon bertanda seru.

 7-Membatasi privasi

Jika Anda tidak ingin semua orang dapat mengetahui status online, foto, atau info akun, hingga status, kamu bisa memilih orang yang ingin dibatasi dengan mencoba trik berikut.

Untuk Android, Buka Menu> Setelan> Akun> Privasi. Ubah pengaturan visibilitas data pribadi. Sedangkan untuk iOS, Buka Pengaturan> Privasi> Ubah pengaturan sesuai kehendak.

8-Menyembunyikan status terakhir Anda

Fitur last seen pada WA sehingga pengguna lain tahu kapan terakhir kali Anda online. Jika ingin menyembunyikan status ‘terakhir dilihat’ agar teman tidak tahu aktivitas online Anda, buka Pengaturan> Akun> Privasi> Terakhir Dilihat (last seen). Anda bisa sesuaikan kategori yang diinginkan, seperti Semua Orang, Kontak Saya, atau Tidak Ada.

9-Mematikan fitur download otomatis

Banyaknya berbagi pesan, gambar, hingga video lama-lama ruang penyimpanan smartphone penuh. Jika kiriman file ini lupa dihapus dan dibiarkan menumpuk, memakan ruang penyimpanan memori smartphone. Untuk mematikan fitur auto-download, Anda bisa melakukannya dengan sederhana.

Untuk Android, buka Pengaturan. Pilih Penyimpanan dan Data, nonaktifkan mengunduh file. Untuk iOS, buka Pengaturan> Penggunaan Data dan Penyimpanan> Media. Hentikan gambar dan video yang tersimpan otomatis.

10-Menyetel dering pemberitahuan yang berbeda

Dengan menyetel suara peringatan atau dering berbeda untuk tiap pesan masuk, dapat memudahkan kita tahu siapa yang mengirim pesan tanpa melihat layar ponsel.

Untuk Android, ketuk buka obrolan grup atau kontak teman yang diinginkan> pilih custom notification (pemberitahuan khusus), beri centang pada kotak> lalu selesaikan pengaturannya.

Bagi pengguna WA di iPhone, ketuk nama kontak saat membuka chat> lalu pilih Nada Khusus.

Itulah 10 tombol rahasia di WhatsApp yang fiturnya dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pengguna.

(fef;  Bahan dari : ) https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210115155546-190-594259/10-tombol-rahasia-di-whatsapp-yang-bisa-dicoba-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close