Aku cinta Indonesia

Kota Raksasa Baru Yang Dilewati Kereta Cepat Jkt-Bdg

(cnbcindonesia.com)-JAKARTA; Seiring pembangunan fasilitas infrastruktur kereta cepat Jakarta-Bandung, proyek pembangunan kawasan disiapkan. Seperti di daerah Walini, Bandung Barat, Jabar yang jadi salah daerah yang dilewati kereta Cepat.

Pada 2019 nota kesepahaman pembangunan Walini Raya dilakukan oleh PT KCIC, PT Perkebunan Nusantara (PTPN VIII, Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan Pemkab Bandung Barat.

Dalam perjanjian itu 7.652 ha wilayah Bandung Barat akan dikembangkan jadi kawasan Walini Raya. PT KCIC juga akan mengembangkan Transit Oriented Development di Walini seluas 1.270 ha atas lahan milik PTPN VIII. Isi Mou mulai dari percepatan pembangunan jalan, hingga infrastruktur lain.

Kawasan Tod stasiun Walini akan dibangun apartemen, rumah sakit, pusat perbelanjaan, tempat bermain, hingga convention center. Director Advisory Sales Colliers Indonesia, Monica Koesnovagril, belum bicara harga jual wilayah Walini Raya karena tanahnya milik PTPN VII, katanya ke CNBC Indonesia, (12/10/2021).

Dia lihat dengan adanya Kereta Cepat Jakarta-Bandung membuat wilayah mudah dijangkau dan  kemungkinan untuk perjalanan rutin tiap hari dari Kota Kembang ke Ibu Kota. Karena perjalanan hanya  40 menit.

Demand untuk masuk wilayah ini belum tentu besar, karena seperti yang biaya perjalanan tentu lebih mahal dari transportasi konvensional.

“Demand perumahan di Bandung tidak secepat di Jakarta. Mungkin yang kerja di Jakarta dan keluarga di Bandung saja yang mau pindah ke sini. Yang cinta Bandung, atau yang mau cari rumah skala perkotaan baru,” katanya.

Selain itu pembangunan kota baru juga banyak pekerjaan yang harus dilakukan, terutama infrastruktur untuk perumahan. Jadi menurutnya supaya orang ramai ke kawasan itu perlu daya tarik kawasan.

“Seperti Lippo Karawaci ada sekolah, lalu kawasan industri penariknya ya industri yang dibangun,” katanya. Kawasan Walini mulai digoreng spekulan, dapat dilihat dari penawaran penjualan tanah di toko online dengan iming-iming ada kereta cepat. Proyek ini ditargetkan kelar November 2022 mendatang.

(hoi/hoi; Emir Yan Wardhana;  Bahan dari : https://www.cnbcindonesia.com/news/20211012193141-4-283417/inikah-kota-raksasa-baru-yang-dilewati-kereta-cepat-jkt-bdg)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close