Iptek dan Lingk. Hidup

Masjidil Haram Dilengkapi Robot 11 Bahasa

(ihram.co.id)- MAKKAH; Jamaah haji dan umroh yang ke Masjidil Haram kini bisa dapat bimbingan dari pemandu robot roda empat baru.

Dilansir dari laman The National News pada (16/11), dengan tampilan layar sentuh 21 inci, robot AI akan berkeliling masjid dan membantu menjawab pertanyaan atau memandua berbagai ritual wajib dilakukan para jamaah. Adanya sistem penghentian cerdas akan mencegah mereka menabrak orang atau objek.

Untuk kemudahan komunikasi, robot juga berbicara 11 bahasa. Termasuk Cina, Rusia, Inggris, Prancis, Persia, dan Turki. Bahkan robot dapat membantu menghubungkan mereka dengan syekh dan ulama dalam bahasa yang berbeda.

Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci menyatakan, itu untuk mengembangkan dan merevolusi tingkat serta kemudahan layanan yang ditawarkan kepada umat beriman selama ke Makkah.

Kehadiran pemandu robot baru bukan satu-satunya bantuan otomatis di Masjidil Haram di Makkah. Ada juga robot pembersih otomatis mensterilkan tempat dan sehingga membantu mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

 

Lebih lengkapnya bisa anda lihat melalui Artikel ini yang telah tayang di :  https://www.ihram.co.id/berita/r2o8s0313/masjidil-haram-kini-dilengkapi-robot-dengan-11-bahasa (Bahan  dari : Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Agung Sasongko)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close