Iptek dan Lingk. Hidup

Bayar Tol Tanpa Berhenti Mulai Akhir 2022-Begini Caranya

(Cuplikan dari https://oto.detik.com)-JAKARTA; Sistem transaksi tol tanpa harus berhenti diharapkan mulai diterapkan akhir tahun ini(2022)  dan semakin masif tahun depan. Bagaimana cara kerjanya?

Akun instagram Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membagikan informasi penting mengenai sistem bayar tol tanpa berhenti. Sistem ini disebut multi lane free flow atau MLFF.

“MLFF adalah sistem pembayaran tol yang dilakukan pada saat kendaraan sedang melaju. Hal ini berarti tidak ada lagi transaksi di pintu tol sehingga dapat mempersingkat waktu perjalanan.

Sistem ini menggunakan teknologi Sistem Satelit Navigasi Global (GNSS) yang memindahkan metode transaksi tol yang sebelumnya berbasis Chip menjadi pembayaran berbasis akun dan server,” tulis BPJT dalam akun instagramnya dikutip Senin (26/9/2022).

Nantinya, transaksi tol tanpa berhenti ini akan mengandalkan aplikasi dari ponsel yang dibawa pengemudi. Cara kerjanya, sistem pusat akan membaca lokasi kendaraan melalui aplikasi itu.
“Pengguna jalan nantinya cukup mendownload aplikasi pada perangkat/smartphone untuk dapat melakukan pembayaran tol. Saat akan memulai perjalanan, pengguna diminta melakukan aktivasi aplikasi pada perangkat dengan menekan tombol mulai. Ponsel pengguna akan mengirimkan sinyal GPS ke Sistem pusat MLFF, dan GPS akan mendeteksi lokasi kendaraan serta memotong saldo secara otomatis,” sebutnya.

Pertama, pengguna jalan tol harus mengaktivasi E-OBU atau Electronic On Board Unit pada aplikasi untuk melakukan deklarasi perjalanan. Selanjutnya, E-OBU aktif, GPS akan menentukan posisi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map matching akan berjalan di sistem pusat.

Ketika keluar tol, perjalanan berakhir, proses map matching berakhir kemudian kalkulasi tarif. Saldo akan terpotong otomatis.

“Saat ini, Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah memulai konstruksi transaksi tol menuju sistem Multi Lane Free Flow atau MLFF,” sebut BPJT.

Menurutnya, penggunaan sistem transaksi tol tanpa berhenti ini mempersingkat waktu transaksi. Jika dengan uang elektronik transaksinya berkurang dari 10 detik menjadi 4 detik, dengan teknologi transaksi nirsentuh pengguna tol tidak perlu berhenti di gerbang tol, apalagi mengantre saat melakukan pembayaran.

“Sehingga, penggunaan MLFF bisa menghilangkan waktu antrian menjadi nol detik. Manfaat lain adalah efisiensi biaya operasi dan juga meminimalisir bahan bakar kendaraan,” kata BPJT.
Selengkapnya dan sesuai aslinya, Baca artikel detikoto, “Bayar Tol Tanpa Berhenti Mulai Akhir Tahun Ini, Begini Cara Kerjanya” selengkapnya  https://oto.detik.com/berita/d-6314141/bayar-tol-tanpa-berhenti-mulai-akhir-tahun-ini-begini-cara-kerjanya (Oleh rgr/din Tim detik.com; Detik Oto)

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

(Diedit dan Disajikan ulang oleh FatchurR

Tulisan Lainnya :

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close