Aku cinta Indonesia

Minyak Makan Merah Bakal Diproduksi Massal-Harganya?

(Cuplikan dari : Kompas.com)- JAKARTA-Minyak makan merah sebagai alternatif minyak goreng akan diproduksi massal mulai Januari 2023. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan harga minyak itu diperkirakan Rp 9.000 per liter.

“Tetapi kan pasti mengikuti fluktuasi crude palm oil (CPO), tandan buah segar (TBS),” kata dia dalam konferensi pers, (4/10/2022). Harga minyak makan merah yang Rp 9.000 tidak akan menekan pendapatan petani sawit.

“Kemarin saya baca, seolah di Medsos pemerintah lebih memperhatikan ibu-ibu pengguna minyak, tetapi menekan petani. Ini tidak benar,” imbuh dia.

Teten menekankan, minyak makan merah itu bisnis yang dijalankan oleh petani sawit. Pabrik minyak makan merah dimiliki koperasi petani sawit.

Minyak makan merah dinilai bisa memiliki harga yang lebih murah dari minyak goreng karena produksinya lebih efisien dan biaya logistiknya lebih murah.

“Karena pabriknya terintegrasi, dekat dari supply TBS dan diharapkan pasarnya juga terintegrasi,” jelas dia.

Sebagai informasi, KemenkopUKM segera memulai pabrik percontohan untuk produksi minyak makan merah di Provinsi Sumut, yakni di Deli Serdang, Asahan, dan Langkat.

Ada beberapa alasan pemilihan lokasi pilot project untuk minyak makan merah ini. Pertama, ketiga daerah itu dekat dengan pusat penelitian kelapa sawit (PPKS) di Medan. Selain itu, Sumatera Utara salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kebun sawit luas.

Dan di daerah itu sudah memiliki kemitraan dengan PTPN III terkait dengan pengelolaan crude palm oil (CPO). Setelah program percontohan dilakukan di Sumatera Utara, nanti program ini dapat direplikasi di lokasi berbeda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul “Minyak Makan Merah Bakal Diproduksi Massal, Berapa Harganya?”,

Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/10/05/110000426/minyak-makan-merah-bakal-diproduksi-massal-berapa-harganya-

Penulis : Agustinus Rangga Respati; Editor : Yoga Sukmana
Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS:  https://apple.co/3hXWJOL

(Diedit dan disajikan ulang oleh FatchurR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close