Wisata dan Kuliner

Reuni SMAN Magelang dan Wisata Reliji Tumpeng di Gunung Tidar Magelang

Dua oang Pensiunan ini berinisial (RD), mengupload di FB-ILP foto tentang Reuni SMAN Magelang (RD lulusan 1969 dan ES-19700 beserta rombongannya dan wisata Relijinya di Gunung Tidar Magelang. Agar anda gak terlalu penasaran berikut sajian dari sumber berbeda

 

Jika anda ke Kota Magelang, maka Gunung Tidar Magelang bukan destinasi asing. Gunung yang memiliki ketinggian 503 mt dari permukaan laut ini tak dapat dipisahkan oleh kegiatan Militer.  Ini berkaitan dengan pusat pendidikan Akademi Militer (AKMIL) di lembah Tidar, di pusat Kota Magelang.

 

Selain itu Gunung Tidar dikenal sebagai “Pakunya Tanah Jawa”. Banyak cerita sejarah mengenai tempat ini. Tidar  berasal dari kata  “Mati dan Modar”. Konon tempat ini dulu angker, sehingga orang yang datang ke Gunung Tidar, kalau tidak Mati, ya Modar .

 

Kawasan ini sakral yang tiap tahun ada ruwat bumi untuk mengalap berkah dan keselamatan. Tradisi ini dipercaya sebagian masyarakat. Saya dan teman2 berkesempatan melihat prosesi ruwat Bumi itu.  Ruwat bumi ini termasuk rangkaian acara Festival Tidar tiap tahun oleh Disbudpar-OR Kota Magelang.

 

Berkunjung ke Magelang ini beberapa kali saya lakukan, namun untuk ke Gunung Tidar Magelang atau sampai puncak Tidar, saya belum pernah. Maka kesempatan ke Gunung Tidar itu pengalaman pertama saya. Ketika saya jejakkan kaki pertama kali di Kawasan Gunung Tidar, saya lihat pemandangan ribuan pohon cemara tumbuh subur-lebat.

 

Setelah kaki melangkah lebih jauh naik anak tangga saya lihat pemanandangan epik di belakang saya. Yaitu pemandangan sebuah G-Merapi dan G-Merbabu tampak biru didominasi warna langit cerah dan awan putih. Ketika saya arahkan kamera, pandangan terhalang kabel2 listrik yang membentang.

 

Gunung Tidar sebagai destinasi wisata Reliji

Saya lihat makam Syaikh Subakir. Konon, dia mengalahkan jin penunggu G-Tidar. Meski belum ada bukti untuk menyakinkan cerita ini. Tak jauh dari makam Syaikh Subakir ada makam Kyai Sepanjang. Makam ini unik, panjangnya 7 mt. Kyai Sepanjang, nama tombak untuk mengalahkan Jin penunggu G-Tidar.

 

Pada hari tertentu, kita jumpai pengunjung2 berwisata religi. Tak jarang mereka berziarah ke makam di G-Tidar. Sesampai di puncak G-Tidar, ada makam dengan bangunan mirip kukusan terbalik (tumpeng raksasa) warna kuning. Masyarakat meyakini itu makam Kyai Semar.

 

Kyai Semar ini jin penunggu Gunung TIdar, namun ada yang menyebut Kyai Semar tokoh pewayangan.  Semua tergantung keyakinan masing2. Suasana di G-Tidar saat itu ramai pengunjung, lantaran ada acara ruwat bumi di puncak G-Tidar. Warga ber-bondong2 memikul tumpeng yang dimakan bersama  setelah acara selesai. Tak ketinggalan sesaji 7 rupa sebagai persembahan.

 

Transportasi dan akomodasi ke Gunung Tidar

Untuk ke G-Tidar bukan perkara sulit. Bila mengawali perjalanan dari Semarang, maka cukup naik Bus ke arah Yogya turun di terminal Magelang atau Artos Mall . Lanjut gunakan angkutan umum atau naik taksi.

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://hellosemarang.com/gunung-tidar-magelang-wisata-religi-dan-sejarah/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close