RSS Feed     Twitter     Facebook

Berwisata ke G.Purba Nglanggeran

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...Loading...
   View : 495 views    Font size:
Berwisata ke G.Purba Nglanggeran

Anda belum pernah wisata ke lokasi ini ?, kalau begitu silahkan nikmati dulu artikel berikut : Dari Jogja anda menuju arah Wonosari kemudian belok kiri di perempatan Patuk melewati desa Ngoro-oro mengikuti jalanan aspal yang bermarka menuju Desa Nglanggeran.

 

Atau bisa lurus di perempatan itu, lalu belok kiri di pertigaan kali Penthung (ada penunjuk jalan) melewati jalan satu arah, terus belok kiri di pertigaan pertama. Sekitar 4 km dengan kondisi jalan yang bervariasi dari aspal halus sampai aspal yang rusak parah dan jalanan berbatu. Jika melewati jalan ini anda akan melewati Balai Desa Nglanggeran.

 

Rute lain adalah melewati pertigaan Sambi kemudian menuju ke arah SMA 1 Patuk mengikuti jalan aspal maka anda akan tiba di Pendopo Joglo Kalisong. Retribusi untuk masuk sebesar Rp. 3.000,00 saat siang hari dan Rp. 4.000 saat malam hari.

Menikmati pemandangan alam pedesaan, dengan segala keramahtamahannya menjadi pengalaman tak ternilai. Di tengah keramaian kota dan rutinitas kerja yang menjemukan, mengunjungi obyek wisata alam merupakan distraksi yang efektif untuk memompa semangat. Berikut eksotisme Gunung Api Purba Nglanggeran sebagai alternatif wisata.

 

Berada di barat laut Kabupaten Gunungkidul, G. Api Purba Nglanggeran telah lama menjadi daya tarik wisata di kabupaten ini. Dengan pemandangan pegunungan dan kehidupan desa yang lumayan asri, Gunung Api Purba Ngalnggeran menawarkan sebuah mimpi akan kehidupan yang damai.

 

Jika datang dari arah Yogyakarta, sekitar lima kilometer berkendara, anda akan disuguhi pemandangan deretan menara  pemancar dan BTS operator. Nah, Gunung Api Purba Nglanggeran berada di belakang menara-menara tersebut.

 

Setelah melewati deretan menara, kita menemukan pertigaan jalan beraspal, disitulah kita ambil kearah kanan dan menyusuri jalan beraspal yang cukup sempit. Setelah sekitar 2 kilimeter, kita menemukan pintu gerbang kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran di sisi kiri jalan.

Kita dapat menaiki Gunung Api Nglanggeran dan mendirikan tenda untuk bermalam menikmati sunset di atas pegunungan Menoreh. Setelah puas, kita dapat menikmati dinginnya malam di G. Api Purba dan dinginnya embun pagi di tengah kawasn pedesaan yang masih asri. Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta; terletak pada Koordinat GPS: S7°50’26.052″ E110°32’41.964
(Harits AT;  http://www.bloggergundul.com/2012/06/eksotisme-gunung-api-purba-nglanggeran.html)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*