Kesehatan

Benarkah Berkuman ?

Marilah kita berparadigma hidup sehat dari cara pandang berbeda. Dengan kemajuan ilmu kedokteran-kesehatan, kita harus sadar arti pentingnya kebersihan. Polusi udara yang menumpuk berperan terhadap kesadaran pentingnya kebersihan. Kebanyakan dari kita mencegahnya dengan menggunakan hand sanitizer demi tetap menjaga tangan tetap higienis dan bersih.

 

Terlepas dari ‘atribut’ kebersihan tersebut, tahukah bahwa tiap hari kita terjebak dalam siklus bersentuhan dengan benda-benda kotor dan penuh kuman?  Dilansir Magforwomen, berikut 10 benda berkuman yang kita sentuh hampir setiap hari:

 

1. Dudukan Toilet

Siklus dimulai ketika kita akan memulai aktivitas sehari-hari. Meski kita membersihkan permukaan dudukan toilet 2 minggu sekali atau lebih, penelitian menunjukkan bahwa ada sekitar 295 bakteri yang bisa ditemukan di setiap inci dudukan toilet!

 

2. Sakelar Lampu

Sakelar lampu merupakan sesuatu yang tersering disentuh, di rumah atau tempat umum ketika ingin mematikan atau menyalakan lampu. Benda ini terlihat steril, namun itu adalah salah satu dari benda terkotor yang pernah disentuh banyak orang.

 

3. Uang

Semua suka uang dan semua orang menyentuh dan menggenggamnya. Uang terus berpindah tangan, mulai penjaga kasir – pedagang di pinggir jalan. Tidak ada yang tahu dari mana uang yang kita pegang itu berasal sebelumnya. Sebuah studi di USA menunjukkan terdapat 135.000 bakteri yang ada dalam 1 lembar uang.

 

4. Keyboard Komputer

Kini  hampir tak ada orang yang tak menyentuh komputer. Mayoritas kita menghabiskan waktu di depa  komputer. Parahnya, kadang kita lupa membersihkan bakteri dan kotoran di keyboard komputer setelah menggunakannya. Beberapa studi mengklaim kotornya keyboard sama dengan kandungan bakteri di dudukan toile.

 

5. Wastafel Dapur

Kebanyakan wanita sulit untuk tidak menghabiskan waktu di wastafel dapur, baik mencuci piring atau sayuran. Sisa makanan, seperti daging, sayuran, dan lainnya tertampung di situ. Alhasil, bakteri mulai bermunculan. Untuk itu sangat penting membersihkannya tiap hari.

 

6. Sponge Cuci Piring

Sponge cuci piring hampir selalu dalam keadaan basah tiap waktunya. Kotoran sisa makanan yang telah dibersihkan kebanyakan menyangkut di sela-sela sponge dan susah dibersihkan. Berapa banyak bakteri muncul. Panaskan sponge dalam microwave ±  60 detik untuk terhindar dari kuman.

 

7. Handphone

Hampir tiap hari kita membawa dan bahkan menggenggam HP. Studi yang dilakukan di Inggris menunjukkan HP adalah musuh baru bagi penggunanya. Karena panas yang dihasilkan dan uap air dari tubuh kita bisa menarik ribuan kuman dan kuman itu hinggap di ponsel kita.

 

8. Bak Mandi

Meski lantai dan toilet sering dibersihkan, kadang kita sulit untuk mencapai bagian dasar bak mandi sehingga malas membersihkannya. Kuman dan bakteri di bak mandi tidak akan terdeteksi hingga akhirnya salah satu dari anggota keluarga terkena penyakit infeksi saluran kemih.

 

9. Remote TV

Ketika nonton tv, remote adalah benda yang tak lepas dari tangan. Anggota keluarga lain secara bergantian ikut menyentuh remote tv. Ini akhirnya menyebabkan kuman dan bakteri bisa hinggap, entah dari tangan siapa saja yang habis menyentuh apapun di luar rumah. Segera masukkan remote tv ke dalam daftar benda yang harus dibersihkan secara rutin.

 

10.  Troli Belanja

Troli belanja di supermarket disentuh oleh tangan yang berbeda tiap hari. Dari keringat di tangan yang menyentuh troli itu tentu bisa menimbulkan ribuan bakteri atau kuman, hiii. (BRYAN)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close