Kesehatan

Menjaga ginjal tetap prima

KOMPAS.com – Penurunan fungsi ginjal berjalan perlahan dan tidak bisa kembali normal, karena itu pencegahan menjadi langkah penting menjaga organ penyaring racun sisa dalam darah ini tetap prima.

Dokter Lydia D. Simatupang, ahli ginjal dan hipertensi dari RS Pondok Indah di Puri Indah Jakarta mengatakan, mengonsumsi makanan diet seimbang dan minum air putih secara cukup merupakan pencegahan penyakit ginjal paling penting. “Sedapat mungkin hindari makanan, minuman, obat2an, suplemen, dan zat lain yang bersifat menggaggu ginjal,” papar Lydia.

Prioritas utama dalam menghadapi penyakit ginjal adalah dengan mengendalikan penyebabnya. Ini berarti, jika mengidap tekanan darah tinggi, diabetes melitus, atau memiliki kolesterol tinggi, jaga agar penyakitnya tetap terkendali.

Mintalah petunjuk dokter tentang pola makan yang tepat dan juga obat-obatan. Hindari mengonsumsi obat bebas dalam jangka panjang.

“Obat2an yang sering dikonsumsi dan dibeli bebas diketahui dapat menyebabkan penyakit ginjal adalah obat golongan antinyeri non-steroid dan obat-obatan pelangsing,” katanya. (Lusia Kus Anna; http://health.kompas.com/read/2015/07/20/190000223/Kiat.Menjaga.Fungsi.Ginjal.Tetap.Prima)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close