Kesehatan

Tips Merawat Kesehatan Mental Ditengah Pandemi

(lifestyle.bisnis.com)-JAKARTA; Selain pandemi global yang menewaskan ratusan ribu orang di dunia, Covid-19 membawa perubahan besar dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti pekerjaan jarak jauh, pengangguran, dan sekolah virtual.

 

Pada gilirannya, banyak orang menghadapi tekanan ekonomi dan sosial yang baru ditemukan, serta kepanikan atas ketidakpastian masa depan. Berikut kiat kesehatan mental terbaik yang bisa dilakukan selama pandemi Covid-19:

 

1-Buat Rutinitas Baru

Sebagai permulaan, ikuti beberapa jenis rutinitas. Jika rutinitas tidak memungkinkan lagi, buat rutinitas baru. WHO merekomendasikan, bangun dan tidur pada waktu yang sama, makan pada jam reguler, dan jadwalkan slot untuk kebersihan pribadi dan olahraga.

 

Prediksi dari rutinitas dapat membantu Anda lebih terkendali dan hal ini penting untuk kesehatan mental, menurut Mayo Clinic di AS. Selain itu, OR teratur mengurangi kecemasan dan meningkatkan mood Anda.

 

2-Luangkan waktu

Penting menjadwalkan waktu tiap hari untuk melakukan sesuatu yang membuat Anda bahagia. Saran itu didukung CDC dan Mayo Clinic, AS. Bahkan hanya beberapa menit aktivitas yang Anda sukai, seperti membaca, yoga, atau meditasi, dapat membantu Anda rileks dan meredakan stres.

 

3-Buat Proyek

Ini waktu yang tepat menangani proyek yang belum pernah Anda miliki sebelumnya. Kemungkinannya tak terbatas: bersihkan garasi, cat ruang tamu, menanam sayur, atau beberapa tumbuhan dalam ruangan.

 

Bangun rumah pohon di halaman belakang. Belajar bahasa baru. Menulis sebuah buku. Ini, menurut Mayo Clinic, membantu menjauhkan kita dari siklus pikiran negatif yang berkontribusi pada kecemasan dan depresi. Selain itu, Anda akan memiliki hal positif ditunjukkan untuk pandemi setelah selesai.

 

Tapi jangan menyalahkan dirii jika Anda belum fasih berbahasa Mandarin. Alih-alih, tetapkan tujuan harian yang masuk akal dan santai saja. Rayakan kemenangan yang Anda bisa, yang kecil sekalipun.

 

4-Praktikkan kesadaran diri

Saat Anda merasakan cemas dan pikiran mulai berpacu, hentikan yang Anda lakukan. Bagi PMP Telkom bisa mengikuti program  Senam Aerobik dan Yoga Virtual yang diselenggarakan Yakes Telkom rutin tiap pagi pada hari hari yang ditetapkan

 

Atau mempraktikkan mindfulness. Ada banyak sumber online membantu menguasai latihan ini, termasuk aplikasi seperti Calm dan Headspace.

 

Duduklah dan bernapas dalam-dalam 10–15 menit atau lebih, jika Anda membutuhkannya. Praktik ini membantu pikiran Anda kembali ke saat ini atau momen saat ini, menurut ahli di Vanderbilt University. CDC AS juga menyarankan menambah beberapa peregangan badan tiap hari. Apa pun yang membantu Anda merasa lebih membumi seperti earthing atau grounding patut dicoba.

 

5-Memberikan   bantuan

Cara terbaik mengelola stress, melakukan sesuatu untuk orang lain. Tunjukkan rasa terima kasih kepada petugas kesehatan dan responden pertama, periksa tetangga, atau bantu yang rentan di komunitas Anda dengan berbelanja bahan makanan atau menjalankan tugas. Ingat, membantu dapat mengurangi stres, tapi jangan lupa mempraktikkan perawatan diri juga

 

(Hadijah Alaydrus;  Bahan dari  : https://lifestyle.bisnis.com/read/20201214/220/1331125/lima-tips-untuk-merawat-kesehatan-mental-di-tengah-pandemi)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close