Selingan

Konsumsi Ayam Goreng Orang Korsel Mencapai 95 Triliun

(food.detik.com)-JAKARTA; Ayam Goreng jadi makanan favorit orang Korea Selatan. Tahun 2020 mereka menghabiskan uang Rp 95 triliun untuk beli ayam goreng makanan populer di Korsel. Ayam gorengnya berciri khas. Biasa juga dikenal dengan sebutan Korean Fried Chicken.

 

Ayamnya tak hanya digoreng biasa pakai tepung renyah, tapi disajikan bersama saus. Seperti saus madu, pedas, dan bubuk perasa.  Orang Korsel menyantap ayam ini tanpa nasi. Mereka menjadikan ayam goreng sebagai teman minum bir atau disebut chimaek, yaitu chicken dan maekju (bir). Tak hanya 1-2 potong ayam yang dihabiskan, biasanya tiap orang menghabiskan setengah hingga 1 ekor Ayam Goreng.

 

Karena kecintaannya pada ayam goreng, tak heran ada banyak merek ayam goreng. Dari brand ternama hingga kaki lima. Saking sukanya ayam goreng, mereka diproyeksikan memakan ayam goreng senilai 7,47 triliun KRW (Rp 95 triliun) pada akhir 2020, seperti dilansir Hypebeast (30/12).

 

Melalui riset pasar, Euromonitor mengumumkan, industri Ayam Goreng di Korsel berkembang pesat selama pandemi Covid-19 berkat layanan pengiriman makanan. Angka ini meningkat 53% (2020) dibanding 2016. Penjualan dari perusahaan ayam goreng ternama Kyochon Chicken, BHC, dan Genesis BBQ.

 

Tahun ini Kyochon diprediksi meraup 430 miliar KRW (Rp 5,5 triliun). Lalu BHC diprediksi mendapat 400 miliar KRW (Rp 5,1 triliun). Dan Genesis BBQ akan mendapatkan 350 miliar KRW (Rp 4,4 triliun)

 

Berkat penjualan pesat, Kyochon F&B, perusahaan induk dari Kyochon Chicken jadi waralaba ayam pertama yang melakukan IPO (penjualan umur pertama saham) di bursa utama Kospi. BHC juga menemukan investasi internasional dri Kanada. Kabarnya mereka berinvestasi 300 miliar KRW (Rp 3,8 triliun).

 

Lalu untuk BBQ Chicken 2020 ini membuka 300 lokasi melebarkan pasar mereka jadi 1.800. Mereka juga mengenalkan konsep BBQ Smart Kichen yang bisa dimiliki calon pemilik usaha dengan 50 juta KRW (Rp 646 juta).

 

(Yenny Mustika Sari; yms; adr;  Bahan dari : https://food.detik.com/info-kuliner/d-5317089/wow-konsumsi-ayam-goreng-orang-korea-selatan-capai-rp-95-triliun)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close