RSS Feed     Twitter     Facebook

Penyakit Lyme mengubah hidupnya

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 4 views    Font size:
Penyakit Lyme mengubah hidupnya

Kompas.com-Lama tak ada kabarnya, terungkap Avril Lavigne, penyanyi Kanada, baru pulih dari penyakit Lyme. Penyakit ini disebabkan bakteri dan dibawa kutu berkaki hitam ini membuat Avril harus istirahat di tempat tidur 5 bulan.

“Saya tak bisa bernapas, tak bisa bicara, dan tak bisa bergerak” katanya ke majalah People. Penyakit ini disebut Mayo Clinic dari bakteri Borrelia burgdorferi, penyakit yang  disebar kutu berkaki hitam di Amerika Utara dan Eropa. Kutu ini menyebar bakteri saat menghisap darah binatang dan manusia.

 

Kebanyakan manusia terinfeksi kutu yang belum dewasa, nymph (serangga belum dewasa), musim semi dan panas. Lavigne yakin kalau ia digigit kutu itu di musim semi, diikuti ber-bulan2 pusing dan lesu yang awalnya dokter tidak dapat menegakkan diagnosis.

 

Demam, sakit kepala, lelah, dan ruam disebut erythema migrans itu simtom umum dari Lyme. Ruam ini kerap serupa mata banteng dan muncul beberapa hari setelah infeksi. Antara 70-80% orang dengan Lyme muncul ruam ini dan sejumlah pasien muncul di lebih dari satu lokasi di tubuhnya.

 

Pasien yang dapat antibiotik tepat di tahap awal cenderung pulih. Bisa butuh lebih lama merespon pengobatan di stadium akhir dari penyakit Lyme. Dengan pengobatan tepat, banyak orang pulih menyeluruh.

 

Standar pengobatan di tahap awal : Antibiotik oral. Bila sistem saraf pusat terkena, antibiotik intravena diberikan 14-28 hari. Pengobatan ini menghilangkan infeksi dan perlu waktu lebih banyak untuk pulih dari simtomnya. Penyanyi (30) ini mengatakan ia 80% pulih. Suaminya, Chad Kroeger yang  istirahat dari tur, dan ibunya yang mengungsi ke rumahnya di Ontario, membantu merawatnya.

 

“Ada masa ketika saya tidak bisa mandi seminggu karena tidak bisa berdiri. Seperti nyawa tersedot keluar dari tubuh” ungkap Lavigne.  “Saya tidak banyak waktu istirahat dalam hidup. Dan tak merasakan lebih jelas yang diinginkan dalam hidup, kesehatan, keluarga, cinta, dan kebahagiaan”.

 

Kini ada perubahan gaya hidup. “Diet saya bebas gula, bebas susu, bebas gluten, semuanya organik. Saya minum jus 3x sehari. Saya yoga, meditasi dan renang / jalan kaki tiap hari”. Menurut perhitungan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), tiap tahun 300 ribu orang AS berpenyakit Lyme.

 

CDC merekomendasikan penolak serangga dengan konsentrasi DEET setidaknya 20%. Hindari area penuh pohon dan area rumput2 tinggi karena kutu itu sering dijumpai. Disarankan segera mandi setelah di luar ruang. Gunakan lap penyeka saat mandi juga dapat mengangkat kutu di kulit.

 

Melindungi tubuh saat di luar ruang dengan bersepatu, celana panjang, kaus lengan panjang, topi, serta sarung tangan di area penuh pohon dan rumput. (Diana Yunita Sari; Lusia Kus Anna; People-CNN)

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://lifestyle.kompas.com/read/2015/04/06/191500623/Avril.Lavigne.Penyakit.Lyme.Mengubah.Hidupnya.)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*