RSS Feed     Twitter     Facebook

Wajib menggunakan perak ber-kilo2 dalam pernikahan Miao

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 3 views    Font size:
Wajib menggunakan perak ber-kilo2 dalam pernikahan Miao

Merdeka-Gadis belum sempurna tanpa perhiasan perak. Agaknya pendapat itu diyakini sejumlah warga dari etnis Miao China. Dikenal sebagai pengrajin perak turun-temurun, wanita dari suku ini dipastikan harus pakai sebanyak mungkin perak pada hari pernikahannya.

 

Dilansir BBC Travel, perak simbol kekayaan etnis Miao. Karena itu tiap orangtua Miao di Guizhou mendandani anak gadisnya dengan ber-kilo2 perak menyambut hari bahagia. “Setiap gadis harus mendapat seperangkat perak untuk menikah” tutur Guanghui Wu yang nikah dengan 10 kg perhiasan perak di tubuhnya.

 

Wanita Miao dikenal karena pakaiannya penuh warna dan hiasan. Umumnya mereka mengenakan pakaian tradisional warna biru penuh corak berkat bordiran warna2 yang dipelajari pembuatannya sejak kecil. Selain itu, perhiasan perak ukuran besar nan rumit jadi pelengkap yang tak boleh tertinggal dari busana adat Miao.

 

Untuk membuat gelang, kalung, dan tutup kepala dari perak yang pantas, keluarga Miao ‘menabung’ perak ber-tahun2. Kadang mereka mencicil 10 tahun membuat perhiasan perak sebelum pernikahan. Dengan begini, putri mereka bisa naik ke pelaminan dengan bangga sebagai wanita kaya raya.

 

Kini banyak turunan etnis Miao lahir dan tinggal di kota, dan tak akrab tradisi budayanya. Tapi ada saja keluarga pengrajin di desa2 Miao yang mempertahankan tradisi perak itu. (tsr; Tantri Setyorini)

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://www.merdeka.com/gaya/wajib-pakai-berkilo-kilo-perak-mengintip-uniknya-tradisi-pernikahan-etnis-miao.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*