Psikologi

Kita perlu Poelkoempoel

Kenapa kita harus sering berkumpul ? Terutama yang sudah berumur 40 tahun ke atas.
KOMPAS.com-Berbahagialah Anda yang punya banyak teman dan sahabat. Pasalnya, penelitian2 terbaru menemukan bukti menikmati kehidupan sosial yang aktif meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Para ilmuwan percaya menghabiskan sebahagian waktu dengan teman atau sahabat akan membuat hidup lebih sehat secara mental dan fisik. Berikut 5 alasan ilmiah yang menunjukkan pengaruh kehadiran seorang teman pada tingkat kesehatan seseorang :

1-Mengurangi resiko demensia
Memiliki kehidupan sosial yang aktif dapat mengurangi resiko penyakit Alzheimer sekitar 70%, menurut temuan baru yang diterbitkan dalam Journal of International Neuropsikologi Society.

2-Membuat Anda tetap fit
Hasil dari peneliti Australia yang diterbitkan di International Journal of Behavioral Nutrition dan Aktivitas Fisik menemukan teman memiliki pengaruh langsung pada tingkat aktivitas fisik dan kebiasaan makan.

3-Mempertajam Otak Anda
Untuk menjalin komunikasi yang baik dengan teman2 melalui ‘instant messaging’ / medsos mendorong fungsi kognitif Anda. Ini seperti memecahkan TTS, menurut penelitian dari University of Michigan, USA.

4-Meningkatkan kesehatan jauh lebih baik
Berhubungan yang saling mendukung, dapat menunda proses penuaan. Penelitian dari Brandeis University menemukan jaringan sosial yang kuat (bila dikombinasikan dengan latihan fisik) dapat menunda penurunan kesehatan hingga sepuluh tahun.

5-Hidup lebih lama
Hubungan yang kuat dengan teman2 dan keluarga dapat meningkatkan peluang Anda untuk bertahan hidup hingga 50%, menurut penelitian terbaru oleh ilmuwan dari Universitas Brigham Young.

6-Berjiwa awet muda
Lebih banyak bersosialisasi dengan teman atau sahabat (‘keep relationship)’ membuat kita tetap punya jiwa muda atau semangat muda walaupun umur terus bertambah.

(http://lifestyle.kompas.com/read/2011/11/29/15445961/5.Manfaat.Sehat.Punya.Banyak.Teman.)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close