RSS Feed     Twitter     Facebook

Memulai Usaha Daur Ulang Plastik(2/3)

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 2 views    Font size:
Memulai Usaha Daur Ulang Plastik(2/3)

(dosenekonomi.com/bisnis)-Monggo seri berikutnya Daur ulang plastik : 2-Lokasi Usaha

Lokasi Usaha pengolahan daur ulang sampah perlu cukup luas. Karena dalam satu lokasi kita haru memiliki tempat untuk meyimpan bahan baku, peralatan serta biji plastik yang siap jual.

 

Selain itu, pilih lokasi yang jauh dari daerah perumahan. Hal ini karena bahan baku sampah plastik bisa mengganggu akibat bau tak sedap yang di timbulkannya. Anda juga harus mengurus izin usaha dan lingkungan dari dinas terkait setempat.

 

3-Bahan Utama

Bahan utama yang berupa sampah plastik bisa anda peroleh di lokasi TPA. Namun, untuk lebih mempermudah kontinuitas bahan baku, anda bisa mengajak kerjasama para pemulung atau penjual plastik bekas.

 

Salah satu cirri usaha yang baik, mampu memberdayakan orang2 disekitar anda. Dengan begitu anda akan selalu memperoleh bahan baku tanpa harus kesulitan mencarinya. Hal ini lebih menghemat cost produksi. Anda tinggal menunggu para pemasok yang mendatangi lokasi pabrik anda.

 

4-Karyawan

Sumber daya manusia diperlukan menunjang usaha ini. Anda harus merekrut karyawan yang memiliki pengalaman atau paling tidak tahu seluk beluk industri pengolahan sampah plastik. Anda tak mungkin bisa melakukan usaha sendiri. Sehingga anda harus segera merekrut karyawan agar usaha anda dapat lebih cepat berproduksi.

 

5-Timbangan dan penggiling plastik

Untuk mendapat hasil lebih produktif, anda harus gunakan mesin dan alat2 yang membantu kinerja produksi pabrik anda. Sangat mustahil jika anda tidak memerlukan mesin dalam usaha ini. Anda perlu alat seperti mesin timbangan , mesin pencacah plastik , mesin pengering serta wadah dan alat2 lain.

 

6-Pihak yang membeli biji plastik

Hal terpenting di usaha ini adalah calon pembeli biji plastik. Keuntungan dapat anda peroleh saat biji plastik yang anda hasilkan dibeli oleh para pengusaha lain. Jika anda tidak bisa menemukan rekanan yang akan membeli hasil biji plastik anda. Maka lebih baik anda urungkan niat memulai usaha ini

 

Lebih baik anda memcari rekanan yang bisa membeli hasil daur ulang plastik anda terlebih dahulu. (Bahan dari :  https://dosenekonomi.com/bisnis/peluang-bisnis/cara-memulai-usaha-daur-ulang-plastik)-FatchurR *** Bersambung………

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code