Aku cinta Indonesia

Bis Listrik Produk UI akan beroperasi di Nusadua dan Mandalika

(liputan6.com/bisnis)-Jakarta; PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Indonesia Tourism Development Corporation / ITDC) menggandeng UI dalam memanfaatkan bus listrik produksi UI di kawasan wisata. ITDC itu BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok.

 

Dirut ITDC Abdulbar M Mansoer mengatakan,‎ kerja sama ini wujud komitmen penerapan prinsip ramah lingkungan (green tourism) serta peningkatan nilai lebih di kawasan pariwisata yang dikelola ITDC.

Pihaknya berencana mengembangkan sarana dan prasarana transportasi ramah lingkungan di kawasan, yaitu pembuatan bus listrik dengan bus listrik produksi UI sebagai

 

“Kerja sama ini juga merupakan dukungan kami pada pengembangan inovasi karya anak bangsa, wujud dari kehadiran BUMN untuk Negeri,” ujar dia tertulis di Jakarta, (28/6/18).

 

MoU jadi tahap awal kerjasama ITDC dan UI untuk pengembangan bus listrik yang disesuaikan kebutuhan dan kondisi kawasan pariwisata The Nusa Dua dan The Mandalika. “Tahap awal, ditargetkan sejumlah unit bus listrik dapat digunakan saat Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia (12-14/10/18) di The Nusa Dua,” ungkap dia.

 

Selain dengan UI, ITDC juga menggandeng DAMRI mencakup rencana kerjasama. Yaiitu pengembangan dan pengelolaan fasilitas akomodasi dengan konsep Nomadic Tourismdi The Mandalika, pelayanan transportasi dari Bandara Internasional Lombok (BIL) ke TheMandalika, dan pengoperasian bus listrik.

 

Fasilitas akomodasi berkonsep Nomadic Tourism yang akan dibangun DAMRI ini Caravan atau Bus Hotel. Caravan atau Bus Hotel akan menyediakan kamar2 hotel ini terbuat dari exbus DAMRI yang dikaroseri ulang setara kamar hotel bintang 3 atau 4.

 

“Target pasar hotel ini anak2 muda yang cari hal2 unik. Dari riset oleh DAMRI, lokasi ideal akomodasi  caravan ini di daerah2 remote yang memiliki pantai indah dan surfing spot. Dan dipilih di area Gerupuk, The Mandalika, karena pantainya indah dan memiliki titik2 surfing untuk berbagai tingkat, mulai tingkat pemula sampai tingkat advance,” jelas dia.

 

Inovasi melalui penyediaan fasilitas akomodasi berkonsep Nomadic Tourism yang digagas sinergi BUMN ini wisata unik dan baru di The Mandalika di NTB. Pola kerjasamanya kemungkinan berbentuk KSO;  DAMRI menyiapkan bus hotelnya dan ITDC menyiapkan lahan serta infrastruktur dasar. Operator bus hotel diseleksi bersama oleh ITDC dan DAMRI.

 

Kerjasama pelayanan transportasi dari Bandara Internasional Lombok ke Mandalika pp, ini sinergi BUMN dalam penyediaan layanan transportasi regular yang nyaman dan terjangkau bagi wisatawan yang ke The Mandalika. DAMRI akan menyediakan unit bus, sedangkan ITDC menyediakan halte bus.

 

“Melalui rencana kerjasama yang ditandatangani, kami yakin wisatawan yang ke The Nusa Dua dan The Mandalika makin dimanjakan fasilitas yang tersedia di kawasan pariwisata yang kami kelola. Inovasi dan pengembangan pariwisata terus menerus ini diharapkan berdampak positif pada tingkat kunjungan wisatawan”,

 

“Sehingga membantu pencapaian target kunjungan wisatawan yang ditetapkan” tandas Abdulbar. (Septyan Deny; Bahan dari :  https://www.liputan6.com/bisnis/read/3572456/bus-listrik-produksi-ui-bakal-beroperasi-di-nusa-dua-dan-mandalika)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close