Wisata dan Kuliner

Keindahan Danau Toba

(detikTravel commumnity)-Danau Toba menghipnotis siapapun. Suasana dan pemandangan menawan membuat siapapun betah ber-lama2. Liburan lebaran-2018 kami mengunjungi Pulau Samosir. Keindahannya yang menenangkan tak mungkin terlupakan meski banyak tempat wisata kekinian lain.

 

Kami dengan transportasi umum bus dan kapal wisata. Kami menyewa tempat penginapan di daerah Tuk Tuk. Perjalanan kami dimulai menuju Pantai Pasir Putih Parbaba – Tanah Ponggol – Pemandian Air Panas Aek Renggat, Pangururan – Tomok.

Liburan lebaran kali ini saya mengunjungi Pulau Samosir dan daerah sekitarnya. Untuk mencapai daerah tersebut, anda bisa menggunakan bus transportasi umum bertarif Rp 40.000 hingga Kota Parapat lanjut menggunakan perahu wisata dari pelabuhan Tigaraja Rp 15.000. Anda bisa sewa penginapan di daerah wisata Tuk Tuk, Samosir.

Beragam penginapan bisa dipilih sesuai kondisi keuangan dengan tarif mulai Rp 100 ribu/malam. Dari penginapan, anda bisa sewa sepeda motor Rp 75 ribu -Rp100 ribu  per hari (termasuk bensin) dengan memberikan jaminan KTP kepada yang menyewakan sepeda motor. Dari Tuk Tuk, kita bisa melakukan perjalanan ke Hutan Sialagan 0 menit dan menyaksikan sejarah hukum di tanah batak.

Lanjut ke Pantai Pasir Putih Parbaba berjarak tempuh 40 menit. Di sini, anda bisa lihat hamparan pasir putih seperti pantai di laut, cangkang kerang di pinggir pantai, wisata banana boat dan berenang tanpa takut mata perih. Tarifnya Rp5.000/orang dan biaya parkir Rp 3.000. Lanjut selama 20 menit dari Pasir Putih Parbaba ke Pemandian Air Panas Aek Renggat Pangururan.

Sebelumnya melalui Tanah Ponggol yaitu jalan darat penghubung Pulau Samosir dan Pulau Sumatera. Anda bisa lihat perahu melewati Tanah Ponggol ini. Konon tempat seperti ini ada 2 di dunia, salah satunya di Indonesia. Sesampai di Aek Renggat, Pangururan kita bisa pilih pemandian air panas. Tarif nya Rp 5.000 / orang. Ini retribusi resmi.

Di Aek Renggat, kami memilih pemandian air panas posisi tertinggi. Di tempat ini kita bisa melihat keindahan Tanah Belerang Pusuk Buhit berpadu keindahan danau toba. Tarif pemandian air panasnya Rp10.000/ orang. Dari Pangururan kami lanjut ke Tomok menikmati Pertunjukan Sigale gale dan ramainya pasar tradisional Tomok yang jual oleh2 khas Samosir.

Perjalanan Pangururan ke Tomok 1jam 20 menit. Kami berhenti sejenak untuk ambil foto2 menarik karena pemandangannya indah. Meski terkesan kuno, Danau Toba tetaplah kepingan surga destinasi kekinian. (Manahahn Febriyanto; Bahan dari :  https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-4071797/serba-serbi-keindahan-danau-toba)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close