Aku cinta Indonesia

Menghadapi Revolusi Industri 4.0 BUMN perbanyak Pegawai Milenial

(ekbis.sindonews.com)-BANDUNG; BUMN berkomitmen memperbesar komposisi karyawan dari generasi milenial. Langkah2 dilakukan BUMN2 menghadapi era digitalisasi atau revolusi 4.0.

Chief Human Capital Officer (CHCO) PT Telekomunikasi Indonesia yang juga Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia, Herdy R. Harman, mengatakan SDM yang menguasai bidang digital dibutuhkan bagi perusahaan di era sekarang.

Perusahaan harus terus berinovasi, karena zaman berubah. Dia contohkan, Air BnB dan Uber tak perlu punya hotel dan kendaraan, namun mereka jadi big business dalam waktu singkat. Telkom berupaya meningkatkan SDM yang paham digitalisasi dari kalangan milenial. Di Telkom, 80% karyawan usia milenial dan 35% di group. Ada kenaikan 15%. Pertumbuhan itu naik dari komposisi 2015 lalu 20%.

Komitmen BUMN meningkatkan SDM milenial ditandai ikutnya 300 perwakilan dari 74 entitas (60 BUMN, 5 Lembaga pemerintahan, 2 Universitas, dan 7 Swasta). Mereka ikut kegiatan “PluggedIn, Corpu Indonesia Learn & Share” di Telkom Corporate University (Corpu) Bandung pada (14/11).

“Harapan kami, acara PluggedIn jadi pembelajaran dan berbagi. Ke depan agar  lebih luas aksesnya, seperti dialami Telkom, mampu berdampak kepada performa bisnis perusahaan” katanya (17/11/18). Salah satu strateginya saling belajar sekaligus berbagi pengalaman antar pihak melalui forum PluggedIn tadi. Forum ini bisa diakses para pegiat HCM khususnya yang berada di BUMN.

Menurut Deputi SGM Telkom Corpu, Bambang Budiono, pihaknya jadi rujukan studi banding dengan intensitas kunjungan nyaris tiap pekan. Mereka dari BUMN, TNI, kementerian dan negara asing. Institusi yang menggunakan produk Corpu dengan skema monetizing :  Perhutani, Kimia Farma, Angkasa Pura-2, Rumah Kreatif BUMN, Bank Mandiri, LEN, Bina Karya, BNI, Perum PNRI/Dir BUMN, dan PTDI.

 

Deputi Infrastruktur Bisnis Kemen-BUMN, Hambra, mengaku kebijakan kementerian meningkatkan SDM yaitu telah terbitnya surat edaran Menteri BUMN. Bahwa anggaran pengembangan SDM 5% dari anggaran tahunan BUMN.

Ada kebijakan membentuk forum milenial BUMN agar direksi ke depan bisa dari kelompok usia 30an. Jika dihitung posisi direksi ada 700 dari seluruh BUMN. Itu disiapkan Kemen-BUMN dengan membentuk Talent Pool berbasis ICT. (ven; Arif Budianto; Bahan dari : https://ekbis.sindonews.com/read/1355437/34/hadapi-revolusi-industri-40-bumn-ingin-perbesar-pegawai-milenial-1542424863)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close