Iptek dan Lingk. Hidup

Pemerintah berkomitmen Tahan Perubahan Iklim

(m.mediaindonesia.com)-PEMERINTAH berkomitmen menahan laju kenaikan suhu bumi mencegah perubahan iklim. Utusan Presiden Bidang Perubahan Iklim, Rahmat Witoelar, mengatakan presiden berkomitmen menahan laju kenaikan suhu bumi sesuai Ratifikasi Paris yang disetujui Indonesia (2015).

 

Namun, pemerintah tidak bisa berjalan sendirian mencapai target penahanan laju kenaikan suhu bumi di bawah 2°C. Keterlibatan semua pihak menjadi kunci agar target tersebut tercapai.

 

” Semua pihak harus ikut aktif menjadikan target ini tercapai,” kata Rahmat saat jadi pembicara pembuka dalam Peluncuran dan Diskusi Panel Brown to Green Report 2018 Transformasi Indonesia Menuju Ekonomi Hijau di Jakarta (21/11/18).

 

Perkembangan pembangunan energi terbarukan serta penurunan emisi di Indonesia cenderung stagnan. Menurutnya, hal itu disebabkan berbagai hambatan. Target Net Zero Emissions (2050) bisa sulit terpenuhi.

 

Untuk itu, dia sarankan pemerintah di Indonesia dan dunia segera menyesuaikan langkah kebijakan ekonominya agar bisa sejalan dengan gerakan ekonomi hijau mendukung penurunan emisi dan mencegah perubahan iklim.

 

Langkah2 di antaranya : Siap dalam transisi tenaga kerja agar siap membangun ekonomi lebih hijau yang dibutuhkan industri. Kedua, pasar dan pemerintah harus menguasai teknologi hijau yang ramah lingkungan. Terakhir, ada peningkatan dari sisi kapasitas kelembagaan terkait. (OL-5; Bahan dari : http://m.mediaindonesia.com/read/detail/199192-pemerintah-berkomitmen-tahan-perubahan-iklim)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close