RSS Feed     Twitter     Facebook

Mengatasi Obesitas pada Anak

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 3 views    Font size:
Mengatasi Obesitas pada Anak

(1health.id)- Jumlah anak penderita obesitas semakin meningkat tiap tahun. Dalam 10 tahun terakhir, jumlahnya meningkat 150%. Padahal obesitas diketahui sebagai penyebab utama timbulnya berbagai penyakit. Kebanyakan obesitas terjadi karena gaya hidup yang tak sehat.

 

Sebagai orangtua, Anda harus selalu memantau grafik pertumbuhan anak Anda. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan anak, tanpa membuatnya merasa kelaparan:

 

1-Gizi Seimbang

Berikan makanan bervariasi dan bergizi seimbang. Sesuaikan asupan kalorinya, dengan aktivitas yang ia lakukan se-hari2. Makin padat aktivitasnya, maka makin banyak asupan kalori yang dibutuhkan. Jangan sampai Anda memberi makanan dengan kandungan kalori berlebihan, tanpa ada aktivitas. Hal itu akan semakin menambah berat badannya.

 

2-Aktivitas Fisik

OR itu salah satu cara terbaik menurunkan berat badan, untuk orang dewasa dan anak2. Selain ber-OR, ajak anak untuk bergerak saat di rumah, misalnya ambil sendiri makanan-minuman. Anak yang lebih besar, Anda bisa minta mereka membantu Anda membersihkan rumah. Jangan biarkan mereka menonton TV sambil melahap camilan, terutama yang mengandung banyak garam dan gula.

 

3-Atur Camilan

Bila selama ini Anda biarkan mereka mengonsumsi cokelat, keripik kentang, soda, dan es krim, di sela2 waktu makannya, mulai saat ini Anda harus mengubahnya. Sediakan camilan sehat dan rendah lemak, seperti yoghurt, jus buah, biskuit gandum, buah, atau puding, yang Anda buat sendiri tanpa tambahan gula. Untuk mendapatkan rasa manis, Anda bisa mendapatkannya dari buah.

 

4-Makan Bersama

Anak2 senang makan sambil nonton TV. Ubahlah kebiasaan itu. Usahakan makan bersama seluruh  keluarga di meja makan, minimal 5x seminggu. Penelitian menemukan, anak2 yang makan bersama, lebih mudah mengontrol berat badannya, daripada anak yang terbiasa makan di depan TV.. Saat makan di depan TV, anak lebih lama merasakan kenyang, sehingga makan dengan porsi yang lebih banyak.

 

5-Sarapan

Pastikan Anda menyediakan sarapan tiap hari sebelum anak beraktivitas. Sarapannya harus sehat, dan memenuhi kebutuhan gizi anak. Dengan sarapan cukup, maka anak tidak akan terlalu lapar saat makan siang, yang dapat menyebabkan mereka makan berlebihan. (Article By Rianti Fajar; Bahan dari : http://www.1health.id/id/article/category/ibu-dan-anak/5-langkah-atasi-obesitas-pada-anak.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code