Aku cinta Indonesia

UMY dapat Hibah Mobil Bioskop Keliling

(republika.co.id)-YOGYAKARTA — Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendapat hibah mobil bioskop keliling dari Kemendikbud. Ini untuk membantu sivitas akademika dalam melengkapi proses produksi film karya mereka.

 

“Mobil bioskop keliling itu akan jadi sarana bagi banyak karya sivitas akademika UMY” kata dosen Ilmu Komunikasi UMY Fajar Junaedi di Yogyakarta, Selasa (4/12).

 

UMY memiliki beberapa komunitas yang bergerak di bidang perfilman. Misalnya tingkat universitas ada Unit Kegiatan Mahasiswa MM Kine Club dan di Ilmu Komunikasi ada badan semi-otonom CiKo (Cinema Komunikasi).

 

Dengan banyak mata kuliah di program2 studi yang menyertakan pembuatan karya berupa film sebagai tugasnya. Hal ini konsisten dihasilkan setiap tahun. “Contohnya, tahun ajaran ini mata kuliah reportase, kami berkolaborasi dengan Sekolah Gunung Merapi untuk membuat film mengenai edukasi, inspirasi, dan wisata di daerah Dukuh Pangukrejo, Cangkringan, Sleman, DIY,” katanya.

 

Ada beberapa tahap proses produksi film, mulai dari pengembangan, produksi, distribusi hingga eksibisi film. Mahasiswa UMY melakukan dua proses di awal dengan baik, namun untuk dua tahap akhir banyak yang mengalami kendala.

 

“Mobil bioskop keliling ini salah satu sarana melakukan distribusi dan eksibisi tidak hanya di kampus tapi juga di luar lingkungan kampus,” kata Fajar.  Mobil bioskop keliling itu akan jadi media mendistribusikan film karya sivitas akademika UMY agar lebih mudah dinikmati masyarakat luas. Sekaligus, meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap film lokal.

 

“Film jadi sarana edukasi penting karena media audio visual itu menuntut penontonnya agar fokus memperhatikan konten yang ada di dalamnya. Hal itu dapat dimanfaatkan untuk memberikan edukasi ke masyarakat dengan lebih efektif” katanya.

 

Misalnya, pada Program Studi Kedokteran yang memiliki Program Belajar Kesehatan Masyarakat, film dapat jadi media “ampuh” dalam memberikan penjelasan ke warga yang menjadi targetnya.

 

“Mobil bioskop keliling menjadi penting kehadirannya agar dapat memfasilitasi kegiatan belajar masyarakat sebagai bagian dari penerapan pengabdian UMY,” kata Fajar. (Dwi Murdaningsih; Bahan dari : Antara dan https://www.republika.co.id/berita/nasional/sang-pencerah/18/12/06/pj7xq3368-umy-dapat-hibah-mobil-bioskop-kelilinkeretaapig)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close