Psikologi

Perkembangan Sastra Dan Peradaban Islam

(khazanah.republika.co.id)-JAKARTA; Sastra Arab memasuki babak baru sejak Islam diturunkan di Jazirah Arab yang ajarannya disampaikan melalui Alquran. Kitab suci umat Islam itu berpengaruh besar dan signifikan pada bahasa Arab. Juga terhadap kebudayaan secara keseluruhan.

 

Bahasa di Alquran disebut bahasa Arab klasik. Hingga kini, bahasa Arab klasik dikagumi dan dihormati. Alquran, firman Allah SWT yang luar biasa. Terdiri dari 114 surat dan 6666 ayat, Alquran berisi perintah, larangan, kisah, dan cerita perumpamaan itu berpengaruh besar bagi perkembangan sastra Arab.

 

Sebagian orang menyebut Alquran sebagai karya sastra terbesar. Namun, sebagian tak mendudukkan Alquran sebagai karya sastra, karena merupakan firman Allah SWT yang tak bisa disamakan dengan karya manusia. Teks penting lain dalam agama Islam adalah hadits atau sunnah.

 

Penelitian dan penelusuran pada masa-masa kehidupan Rasul SAW telah memicu sarjana Muslim untuk mempelajari bahasa Arab. Atas dasar itu, intelektual Muslim mengumpulkan kembali puisi-puisi pra-Islam. Itu untuk mengetahui kehidupan Rasul sesungguhnya sampai menerima wahyu dan jadi Rasul.

 

Jejak dan perjalanan hidup Muhammad SAW yang begitu memukau juga telah mendorong para penulis Muslim untuk mengabadikannya dalam sebuah biografi yang dikenal sebagai Al-Sirah Al-Nabawiyyah. Sarjana Muslim yang pertama kali menulis sejarah hidup Nabi Muhammad adalah Wahab bin Munabbih. Namun, Al-Sirah Al-Nabawiyyah yang paling populer ditulis oleh Muhammad bin Ishaq.

 

Studi bahasa Arab pertama kali sebenarnya telah dilakukan sejak era Kekhalifahan Ali RA. Hal itu dilakukan setelah khalifah melakukan kesalahan saat membaca Alquran. Dia lalu meminta Abu Al-Aswad Al- Du’ali untuk menyusun tata bahasa (gramar) bahasa Arab.

 

Khalil bin Ahmad lalu menulis Kitab al- Ayn – kamus pertama bahasa Arab. Sibawaih merupakan sarjana Muslim yang menulis tata bahasa Arab yang sangat populer yang berjudul al-Kitab.

 

(Red : Agung Sasongko; Bahan  dari : Islam Digest Republika dan https://khazanah.republika.co.id/berita/pxvmkv313/perkembangan-sastra-dan-lahirnya-peradaban-islam)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close