YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Instruktur Taichi BLA Bandung Selatan Berhasil Juara-2 Taiji Qigong 2019

 

(sportanews.com)- Pada Tgl 7/12/2019, Hj. Lily (Instruktur BLA Bandung Selatan) ikut pertandingan Taiji di Padepokan Pencak Silat TMII, di event 400-Peserta-Tampil-di-Festival-Taiji-Qigong-Tjandra-Herawati-Cup-2019

 

Festival Taiji dan Qigong Tjandra Herawati Cup-1 digelar Asosiasi Dong Yue Quan Indonesia (ADYTI) di Padepokan Pencak Silat Indonesia TMII, pada tanggal 7/12/2019. Pesertanya dari berbagai daerah sebanyak 400 orang.

 

Jumlah itu termasuk juga diikuti beberapa peserta dari luar negeri, khususnya juga diikuti Hj.Lily Instruktur Tai Chi di Klub BLA P2Tel Bandung Selatan yang berhasil juara 2.

 

Festival ini secara resmi dibuka oleh Deputi III Kemenpora, Raden Isnanta didampingi oleh Ketua ADYTI, Wirawati Hartawan. Olah Raga senam pernafasan ini di Indonesia dikembangkan oleh Alm. Tjandra Herawati Widjaja (1980) yang kemudian mendirikan Persatuan Olahraga Pernafasan Indonesia (PORPI).

 

Pada 2010, Alm. Tjandra Herawati Widjaja juga mendirikan ADYTI setelah sebelumnya mendapat kesempatan untuk bisa belajar Taiji Quan dengan Guru Besar dari Beijing Sport University, Cina.  Hingga saat ini, ADYTI memiliki 10 Dewan Pembina Daerah (DPD) di Indonesia.

 

“Anggota kami kini telah ratusan ribu orang di Indonesia. Karena Taiji Quan bisa diminati semua kalangan usia, dari balita hingga Lansia. Karena dasarnya adalah olahraga beladiri dan bisa membuat kita rileks karena diiringi musik yang indah, ” ungkap Wirawati Hartawan Ketua ADYTI.

 

Dalam Festival kali ini hadir Ketua Federasi Wushu Hongkong, Leng Xian Feng yang optimistis OR ini mampu berkembang pesat di Indonesia. Deputi III Kemenpora, Raden Isnanta mengatakan pihaknya mengapresiasi terselenggaranya Festival Taiji Quan(Taichi) ini momentum penting mengajak masyarakat untuk terus aktiv ber-OR ini karena bermanfaat bagi kebugaran jasmani dan rohani.

 

“Jadi harus berkembang terus jurusnya dan turnamennya di tanah air. Sehingga ajakan Pemerintah Ayo ber-OR direspon positif masyarakat, ” kata Raden Isnanta. Wirawati juga mengatakan, kegiatan ini digelar untuk mengenang perjuangan Alm. Tjandra Herawati Widjaja yang penuh dedikasi tanpa pamrih mengembangkan Senam Taiji & Chikung di Indonesia  yang tujuannya untuk  kesehatan.

 

Selain itu, agar masyarakat pencinta taiji bermain Taiji & Chikung baik dan benar, dengan adanya Festival Taiji  dan  Qigong Tjandra Herawati Widjaja Cup ini peserta berlatih dengan sungguh sungguh.

 

Peserta Festival Taiji dan  Qigong  Tjandra Herawati Widjaja Cup ini diikuti peserta dari DKI, Jabar, Jatim, Jateng, Prov. Kep. Riau, Bangka Belitung, Jurus yang dilombakan  : 19 Jurus dengan Taiji Quan Tangan kosong dan Taiji quan dengan alat. Dengan mempertandingkan nomor perorangan dan beregu.  Festival ini akan digelar setiap 2-3 tahun sekali.

 

Para pemenang Festival taiji & qigong Tjandra Herawati Wijaya Cup 2019 mendapat medali, sertifikat, piala dan Piala bergilir untuk juara umum yang didatangkan dari Hongkong.

 

Berikut tambahan informasi yang diperoleh dari peserta (Hj. Lily) :

1-Pesertanya dari beberapa kota di Indonesia yaitu Bangka Belitung, Surabaya, Semarang, Solo, Yogya, Tasikmalaya, Bandung dan Jakarta. Dari luar Indonesia diikuti Philipina n Singapura

2-Penyelenggaranya dari FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia)

 

3-Dari banyak kategori lomba, saya mengikut 2 yaitu di Taiji jurus 8 dan Taiji jurus 24. Hasilnya untuk Taiji jurus 8 saya dapat nomor 2, sedangkan juara pertama dari Philipina, dan ketiga dari Jakarta

 

4-Di  jurus Taiji 24 saya (Hj. Lily) dapat nomor 3, tapi karena penganugerahan juara dilakukan sudah larut malam, saya pulang duluan ke Bandung, diwakilkan teman kami yang ditinggal satu organisasi disana, berhubung dia masih mau nginap lagi di Jakarta. Tampak pada gambar Sertifikat dan medalinya

 

(Data dan Foto Kiriman H. Djuhana; sumber dari : Hj. Lily dan Eko ; Bahan dari : https://www.sportanews.com/detail/71087/400-Peserta-Tampil-di-Festival-Taiji-Qigong-Tjandra-Herawati-Cup-2019)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close