Aku cinta Indonesia

Infrastruktur Raksasa Yang Beroperasi-2019(1/3)

(finance.detik.com)-JAKARTA; Pembangunan Infrastruktur jadi program prioritas Presiden Jokowi. Sepanjang tahun 2019, ada beberapa proyek raksasa yang diresmikan tahun-2019.

Jenis proyek yang dioperasikan juga bervariasi, mulai dari proyek transportasi umum, jalan, hingga jembatan. Seluruhnya proyek infrastruktur konektivitas yang dibangun menggunakan dana APBN, APBD maupun kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Apa saja proyek-proyek tersebut?

 

1-MRT Jakarta Fase-1

Proyek raksasa pertama yang diresmikan pengoperasiannya adalah moda raya terpadu alias MRT Jakarta. Moda transportasi baru di Indonesia ini dibangun sejak Oktober 2013 lalu saat Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dan diresmikan pada 24 Maret 2019.

MRT Jakarta fase I dioperasikan dari Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI). Proyek yang menelan dana lebih dari Rp 16 triliun tersebut diharapkan menjadi katalisator budaya bertransportasi umum bagi warga Ibu Kota.

Jalur kereta membentang sepanjang 16 Km yang meliputi 10 km jalur layang dan 6 km jalur bawah tanah. Sebanyak tujuh stasiun layang tersebut adalah Lebak Bulus (lokasi depo), Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja. Sedangkan enam stasiun bawah tanah dimulai dari Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran Hotel Indonesia.

Proyek pembangunan MRT Jakarta dibiayai oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta serta didukung oleh dana pinjaman Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA).

 

(Anisa Indraini; Bahan dari : https://finance.detik.com/infrastruktur/d-4835138/daftar-infrastruktur-raksasa-yang-beroperasi-tahun-ini)-FatchurR * Bersambung……….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close