Kesehatan

Kuning Telur Vs Putihnya Mana Lebih Sehat

(health.detik.com)-JAKARTA;  Telur adalah sumber protein baik jika dikonsumsi untuk sarapan atau menjalani program diet. Di dalam telur, tersimpan banyak manfaat seperti protein, vitamin, dan lemak sehat.

 

Tapi, sebagian orang ada yang menyukai satu sisi telur saja, entah itu putih atau kuningnya. Sebenarnya bagian telur mana sih yang lebih sehat? Dikutip dari Times of India, berikut perbandingannya.

 

1-Kalori

Dari segi kalori, kuning telur jauh lebih besar sekitar 55 kalori. Sedangkan putih telur hanya memiliki 17 kalori di setiap butirnya.

 

2-Zat besi

Kuning telur memiliki 93% zat besi di dalamnya. Sementara pada putih telur, hanya ada 7%.

 

3-Lemak

Pada kuning telur, lemak jenuh dan kadar kolesterolnya jauh lebih besar. Banyak yang menghindarinya karena takut rentan pada penyakit jantung. Putih telur, terkenal bebas lemak dan rendah kalori. Bagian ini banyak memberikan protein sehat tanpa ada embel-embel menambah kalori pada tubuh.

 

4-Vitamin

Meskipun lemaknya tinggi, tapi kuning telur tetap mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan putih telur. Kandungan nutrisinya antara lain Vitamin B6, B12, A, D, E dan K. Selain itu, juga kaya kalsium, magnesium, zat besi, kolin, karotenoid, dan selenium.

 

Tak hanya itu, karotenoid yang ada di dalam kuning telur juga membantu meningkatkan penglihatan, antioksidan, menangkal radikal bebas yang bisa merusak retina. Kolin juga memiliki sifat anti-inflamasi dan menjaga fungsi ja jantung.

 

Putih telur atau albumin juga tidak kalah sehat. Bagian ini bisa membantu untuk membangun otot dan menambah berat badan. Putih telur juga bisa membuat kenyang lebih lama.

 

Ini karena kandungan mineral dan kaliumnya membantu mengurangi serta mempertahankan tekanan darah. Vitamin lain yaitu riboflavin juga membantu untuk mencegah katarak hingga sakit kepala migrain.

 

Kesimppulannya

Kedua bagian telur itu harus dikonsumsi bersamaan dengan jumlah yang wajar. Meski kuning telur lebih banyak manfaatnya, tapi harus diseimbangkan dengan si putihnya biar nggak kena berbagai risiko penyakit karena terlalu banyak lemak jenuh. Jadi, Anda tim putih atau kuning telur nih?

 

(up/up; Achmad Reyhan Dwianto; Bahan dari : https://health.detik.com/diet/d-4875692/kuning-telur-vs-putih-telur-mana-yang-lebih-sehat?tag_from=wpm_cb_lifestyle_5&utm_source=detik.com&utm_medium=referral)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close