Iptek dan Lingk. Hidup

Lima Tokoh Konservasi Dunia Yang Sebaiknya Kita Ketahui (2/5)

(mongabay.co.id)- 2-Henry David Thoreau (1817-1862)

Henry David Thoreau merupakan seorang penulis dari AS dan filsuf terkenal dengan bukunya yang terkenal pada 1854 yaitu Walden : or life in the Woods.

 

Buku ini menggambarkan pengalaman Henry tinggal sendirian di hutan selama lebih dari dua tahun dan dianggap sebagai karya penulisan alam.

 

Pada saat buku ini diterbitkan, banyak rekannya menganggap Henry eksentrik, dan buku itu tidak diterima dengan baik. Tetapi bagaimanapun sampai hari ini, Walden menjadi buku non-fiksi abad ke-19 yang paling banyak dibaca dan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa.

 

Hidup sederhana dan kerja sama dengan alam yang Henry jelaskan di Walden tercermin dalam usaha advokasinya untuk pelestarian alam. Dalam tulisan berjudul Walking, ia nyatakan, “alam liar merupakan pelestarian dunia,”  yang menunjukkan manusia tidak bisa hidup tanpa alam.

 

Dia juga menganjurkan untuk kepemilikan hutan negara dan gunung untuk perlindungan dari eksploitasi komersial. The National Wildlife Federation (NWF) mengukuhkan Henry masuk dalam Conservation Hall of Fame mereka pada 1967, dan menyebutnya sebagai pelopor konservasi.

 

(Jay Fajar; Bahan dari : https://www.mongabay.co.id/2016/09/22/ini-lima-tokoh-konservasi-dunia-yang-semestinya-kita-ketahui-siapa-sajakah/)-FatchurR * Bersambung…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close