Kesehatan

Waspada Flu dari awal

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah diminta segera melakukan upaya preventif atas merebaknya virus corona di Arab Saudi. Kemenag diminta intensif menyosialisasikan kepada calon jemaah haji Indonesia yang akan berangkat ke Tanah Suci.

“Pemerintah harus melakukan langkah antisipatif agar virus ini tidak menjangkiti jamaah haji Indonesia sehingga berakibat pada kesehatan jamaah,” ujar anggota Komisi VIII dari Fraksi Golkar Tb Ace Hasan Syadzily di Jakarta, Minggu (21/7/2013).

Terkait virus ini, Kemenag Arab Saudi meminta jemaah haji yang akan beribadah mengenakan masker ketika berada di tempat keramaian. Sejumlah daftar aturan dikeluarkan Menkes Arab Saudi, termasuk anjuran agar para lansia yang mengalami penyakit kronis menunda rencana haji mereka.

Virus ini menyerang sistem pernapasan manusia dan 38 orang Arab wafat. Varian virus corona yang terkenal : Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Ace menyebutkan Kemenkes RI dan Kemenag RI perlu mengambil langkah preventif dan antisipatif agar virus ini tidak menjangkiti jamaah haji Indonesia.

“Pertama, Kemenag RI melakukan sosialiasi kepada jamaah haji agar mewaspadai bahaya penyebaran virus ini dengan tanpa membuat jamaah panik,” ucap Ace. Sosialisasi, dilakukan melalui KanWil Tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota dan kelompok bersama ibadah haji di daerah sebelum berangkat mulai bulan depan tahun ini.

“Kedua, Kemenag dan Kemenkes RI agar melakukan sosialisasi ini disertai edukasi kepada jamaah haji agar calon jamaah haji tidak mudah terjangkiti virus ini. Misalnya, dengan bergaya hidup bersih dan mengonsumsi makanan yang dapat menjaga daya tahan tubuh,” katanya.

Selain itu, Kemenag diminta menyediakan masker bagi calon jamaah dan meminta meminta mereka agar selalu menggunakannya di tempat keramaian.

“Ketiga, petugas kesehatan haji Indonesia agar lebih sigap dan pro-aktif memberi pemahaman tentang kewaspadaan penyebaran virus ini selama di Arab. Petugas kesehatan haji harus memberi pemahaman agar tak melakukan kontak dengan orang yang mengalami influenza selama di Arab Saudi,” ujarnya.

Para jemaah yang melakukan kontak dengan orang yang mengalami influenza diminta segera melapor dan mengecek kesehatannya kepada petugas.

“Keempat, Kemenag dan Kemenkes RI bersama otoritas Kemenkes Arab agar saling berkoordinasi,” ucap Ace. (ThW;  bahan dari http://nasional.kompas.com/read/2013/07/21/1629099/Haji.Indonesia.Waspadai.Virus.Corona.di.Saudi)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close