Kesehatan

Hidup Bahagia dan Penyakit Jantung

Ghiboo.com – Banyak orang mungkin berpikir untuk memiliki jantung sehat harus menjaga pola makan sehat dan berolahraga rutin. Padahal, tingkat kebahagian seseorang turut mempengaruhi. Orang dengan sikap positif tampaknya berada pada risiko lebih rendah terkena penyakit jantung.

Peneliti menemukan bahwa emosi positif membantu menurunkan risiko jantung hingga 22 persen selama 10 tahun. Kita semua juga tahu bahwa emosi negatif seperti depresi, kebencian dan kecemasan dapat menyebabkan stres yang pada gilirannya menaikkan risiko terkena serangan jantung.

Orang-orang bahagia cenderung memiliki waktu lebih lama beristiraht atau relaksasi, dapat pulih lebih cepat dari peristiwa stresnya dan cenderung memiliki gaya hidup sehat.

Karina W. Davidson, PhD dari Columbia University Medical Center menyarankan setidaknya 15-20 menit sehari untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan dan membuat rileks.

“Ketika seseorang merasa puas, senang dan merasa bahagia dalam kegiatan yang dilakukannya, mereka memiliki sesuatu yang disebut respons relaksasi. Hormon stres menurun, tekanan darah menurun dan detak jantung ikut melambat,” jelas Davidson, dikutip dari ABC News (19/7).

(Suhirto M; sumber:Lifestyle)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close