Iptek dan Lingk. Hidup

Laptop bertenaga matahari

OTTAWA – WeWi Telecommunications yang berbasis di Ontario, Kanada, akan merilis laptop bertenaga matahari yang dibanderol USD350. Kabarnya, perangkat tersebut akan mendarat di Amerika Utara dengan nama Chromebook.

Dilansir Ibtimes, Senin (19/8/2013), laptop ini dinamakan SOL, diambil dari bahasa Spanyol berarti matahari. Menurut David Snir, pendiri WeWi dan Chief Executive Officer, perangkat didesain untuk para pengguna laptop di negara berkembang, di mana listrik dianggap tidak cukup baik atau terlalu mahal.

Berat laptop SOL ini hanya 5 pon dan ketipisan fisik dua inci. Laptop ini memiliki empat buah panel surya dan hadir dengan layar LCD seluas 13,3 inci.

Kabarnya, di siang hari, perangkat memerlukan waktu dua jam untuk pengisian daya sampai penuh. Baterai yang dapat dilepas-pasang ini bisa hidup untuk 8 sampai 10 jam.

Sementara untuk cuaca mendung, atau sedikit cahaya matahari, pengisian baterai bisa sampai tiga jam. Pengguna tidak mesti tepat berada di bawah terik matahari untuk menggunakan laptop SOL.

WeWi menguji sistem operasi (OS) Ubuntu Linux pada laptop tersebut dan perusahaan juga menguji menggunakan OS Chromebook. Konon, SOL mendukung jaringan 3G dan 4G serta WiFi.

Laptop tampil dengan dukungan kartu SIM, prosesor Intel Atom dan hard disk drive (HDD) sebesar 320GB. “Kami sangat ingin mendapatkan Afrika terhubung dan kami benar-benar ingin membantu negara-negara berkembang,” kata Snir. (fmh; http://techno.okezone.com/read/2013/08/19/57/851891/menanti-laptop-bertenaga-matahari)FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close