Hobi danKetrampilan

Memilih Durian bermutu

1. Aroma
Aroma durian sangat khas. Ini cara termudah mengetahui durian segar dan tidak dengan menciumnya. Jika aromanya masih tercium kuat, berarti buah durian ini segar baru dipetik. Jika aromanya memudar, tidak berbau harum saat didekati, berarti buah itu sudah lama dipetik dari pohonnya sehingga aromanya banyak yang hilang menguap.

2. Kulit Luar
Kulit durian berduri bisa menjadi pertimbangan penentu durian itu bermutu / tidak. Jangan pilih durian yang kulit luarnya berlubang walau sedikit, karena mungkin ada ulat/cacing yang masuk ke bagian dalam buahnya. Sebaiknya, pilih durian yang kulitnya masih mulus dan tidak ada lubang-lubangnya.

3. Lihat bagian atas buah
Perhatikan bagian tangkai atas buah bekas dipotong dari pohonnya. Jika tangkainya tidak bergetah / kering, itu tandanya durian itu sudah lama diambil dari pohonnya. Sebaliknya, jika bagian tangkai bonggol buah durian masih ada getah, berarti durian itu masih segar habis dipotong dari pohonnya.

4. Lihat bagian bawah buah
Buah durian yang terlalu matang (hampir busuk), biasanya bagian bawah buahnya akan retak walau hanya sedikit. Jika Anda menginginkan durian yang matang sempurna, pastikan tidak ada retakan pada kulit luar durian.

5. Perhatikan Suara
Cara ini digunakan orang yang sudah ahli, yaitu mendengar suara yang dihasilkan buah durian jika di goyang . Jika bunyi duriannya terdengar berat berisi, berarti buah itu segar dan matang. Jika bunyinya ringan seperti ada rongga, maka durian tidak segar, kering atau bisa saja bagian dalamnya membusuk. (Suhirto M)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close