Kristiani dan Hindu

Pesan Idul Fitri dari Paus

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemimpin tertinggi umat Katolik Paus Fransiskus menyampaikan pesan Idul Fitri 1434 Hijriah melalui Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dengan menekankan pada perbuatan saling menghormati antar-umat beragama di dunia.

Pesan ini diteruskan Sekretaris Komisi Hubungan Agama-Kepercayaan (HAK) KWI, Romo Benny Susetyo, Rabu  (7/8). “Biasanya pesan itu dikeluarkan Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama. Namun, Paus Fransiskus ingin secara pribadi berpesan itu kepada umat Islam di dunia saat merayakan Idul Fitri,” kata Romo Benny.

Dalam pesan itu, lanjutnya, Bapa Suci mengangkat tema untuk direfleksikan dan menjadi kepedulian bersama bagi umat Islam dan Kristen, yaitu untuk meningkatkan rasa saling menghormati melalui pendidikan.

Paus Fransiskus mengajak kaum Muslim dan Kristen untuk saling menghormati satu sama lain, pertama-tama adalah hidup, integritas fisik, martabat serta hak-hak yang berasal dari martabat tersebut, yaitu reputasi, harta benda, identitas etnis dan budaya, ide-ide serta pilihan politik.

Paus menegaskan jika terjadi kerisauan antaragama, terutama di antara umat Kristen dan Muslim, seluruh umat manusia dipanggil untuk dapat menghormati agama sesama.

Secara khusus, Paus Fransiskus meminta seluruh pihak untuk menghormati para pemimpin agama dan tempat-tempat ibadah.

“Paus berharap agar umat Islam-Kristen menjadi promotor sejati dengan saling menghormati dan menjalin persahabatan,” ujar Romo Benny. (Ant; Editor: Irvan Sihombing; http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/08/08/7/173763/Paus-Fransiskus-Kirim-Pesan-Idul-Fitri-)-(Arnold Djiwatampu)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close