Wisata dan Kuliner

Rusa di Balkuran Situbondo

Situbondo – Tidak usah jauh2 ke Afrika bermain dengan fauna liar di habitat aslinya. Taman Nasional Baluran (TNB) di Situbondo, Jatim memberi pengalaman sama. Anda bisa bermain dengan rusa liar, sampai monyet nakal.

TNB di Jatim diibaratkan Afrika di sisi timur p-Jawa. Secara pemandangan saja, Baluran tidak ubahnya dengan gambaran Afrika yang biasa ditonton di layar kaca. Saat detikTravel berkunjung ke sana, kebetulan musim kemarau. Rumput2 terlihat menguning, disertai tanah yang retak dan udara panas.

Sebelum memasuki taman nasional, Anda perlu membayar retribusi di pos jaga sekitar Rp 5 ribu rupiah. Dari pos jaga, Anda masih harus menempuh jarak sekitar 14 km, atau satu jam dengan berjalan kaki. Bukan jarak yang dekat tentuny.

Berhubung saat itu cuaca sedang panas menyengat, saya pun menggunakan jasa ojek dengan tari Rp 100 ribu bolak balik. Harga yang dibayarkan pun sepadan dengan jarak yang harus dilalui, seandainya saja berjalan kaki.

Setibanya di Savana Bekol, Anda akan merasa bahwa suasananya sangat mirip dengan di Afrika. Sebuah pohon yang terlihat

berdiri sendiri di tengah padang rumput, disertai dengan latar Gunung Baluran dan rusa yang berlari bebas, inilah Afrika di pulau Jawa. Sesekali terlihat kawanan rusa liar yang melintasi jalan tanpa memperdulikan orang yang berda di dekatnya. Rusa-rusa itu bergerak secara gerombolan, dan saling menunggu satu sama lain. Bahkan binatang pun punya kekerabatan yang tinggi.

Selain rusa, Anda juga dapat mnjumpai monyet liar, banteng, hingga burung merak. Rumornya masih ada macan liar yang berkeliaran di Taman Nasional Baluran saat malam hari. Tukang ojek saya pun sempat bercerita kalau ia pernah beberapa kali menemui macan, hii!

Tidak jauh dari Savana Bekol, terdapat Pantai Bama yang ramai monyet liar. Selain itu juga ada hutan mangrove yang sudah tertata rapi dengan jalur dan jembatan beton. Sesekali terlihat pengunjung yang melakukan foto pre-wed di sini.

TNB menawarkan sensasi berinteraksi dengan fauna liar di alam bebas. Tidak ada salahnya mengajak anak2 rekreasi di tempat ini. Seru deh menyenangkan.(http://m.detik.com/travel/read/2015/03/20/185508/2865222/1519/lebih-dekat-dengan-rusa-di-taman-nasional-baluran)-Aguk

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close