Wisata dan Kuliner

Mari kita coba nikmati Pantai Nglambor Yogya

Inilah kesan pertama, saya dan salah satu rekan saya, mbak Sash melihat dua pulau di pantai Nglambor, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai berbentuk seperti teluk yang menjorok ke dalam. Keberadaan dua pulau itu menjadikan pantai ini berombak relatif tenang walau keadaan pasang. Pantai ini tidak berpasir luas tapi memiliki terumbu karang bagus, sehingga sampai ada yang pernah mencoba snokring disana.

Cara menuju kesana
Terletak di sebelah barat pantai Siung, lokasi favorit pemanjat tebing atau sebelah timurnya pantai air terjun Jogan sehingga untuk mencapai pantai Nglambor dari Jogja searah menuju pantai Siung. Jika berangkat dari jogja, kita menempuh 2 jam perjalanan dengan melewati jalan Wonosari menuju kota wonosari, dari kota wonosari kita menempuh jalan baron.

Dari sini sudah banyak papan petunjuk jalan yang mengarahkan kita ke pantai Siung. Setelah melewati gerbang loket masuk pantai Siung dan melewati jalan masuk pantai Jogan, akan ada jalan kecil di kanan jalan berbatu. Lewati jalan tersebut dan kita akan melihat pantai Nglambor dari jejauhan.

Selangkah lagi sampai ke tepi pantai, ada Jalan turunan curam yang saya liat agak berbahaya, batuannya kurang stabil. Untuk jaga-jaga lebih baik memarkirkan kendaraan sebelum jalan turunan.

Akhirnya sampai
Pulau yang ada di pantai inilah istimewaannya, jika dilihat dari atas pulau itu bagai kura2 raksasa, yang satu hendak menepi, yang satu hanya kelaut. Keberadaan kedua pulau itu meredam ombak besar dari laut selatan yang hendak menyerang pantai ini.

Selain itu pantai ini mempunyai terumbu karang yang cantik, dan terdapat biota laut yang hidup disana. Karena hal tersebut pantai ini dipilih sebagai tempat snokring di Jogja. Terdapat pula segemerincik air yang keluar dari bawah batuan tebing sebelah barat.

Air tersebut banyak dimanfaatkan oleh warga setempat untuk air minum, mencuci, sumber air lading mereka dan lain-lain. Untuk itu sebisa mungkin kita sebagai pengunjung pantai ini untuk tidak mengotori sumber air tersebut.

Mengingat kawasan ini merupakan kawasan konservasi laut, mari kita bantu si Kura-kura raksasa penjaga ekosistem pantai Nglambor dengan menjaga kebersihan pantai, menjaga terumbu karang dan biota laut lainnya agar tidak rusak.

Jika kita melakukan snorking disana baiknya untuk tidak menginjak terumbu karang, mengambil dan membawa biota laut yang ada disana. (http://www.catatannobi.com/2014/09/kisah-pantai-nglambor-dan-dua-kura-kura.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close