Kesehatan

Usir penyakit dengan minum air putih hangat

KOMPAS.com-Mayoritas orang, begitu bangun tidur, langsung mandi-sarapan atau menikmati secangkir kopi. Mereka lupa atau belum tahu, ada satu ritual sederhana yang sebaiknya dilakukan setiap pagi, yaitu minum segelas besar atau lebih air putih hangat.

Menurut Dr. Fereydoon Batmanghelidj, seorang dokter dari St. Mary’s Hospital Medical School of London, air putih hangat di pagi hari sebelum melakukan aktivitas, banyak manfaat sehat. Di antaranya adalah memperlancar pencernaan, membantu membersihkan racun-racun di tubuh, meningkatkan imunitas, dan meningkatkan kemampuan tubuh menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

Dr. Fereydoon Batmanghelidj pertama kali menemukan penemuannya itu, ketika ada di penjara sebagai tahanan politik pemerintah Iran. Di penjara, dia banyak keterbatasan. Obat2an tidak tersedia. Ribuan tahanan mengeluh sakit pencernaan yang diduga sebagai ulser peptik (luka terbuka di bagian dalam lapisan perut, di atas usus kecil atau esofagus yang menimbulkan gejala nyeri dan kembung).

Hal terbaik yang bisa mereka lakukan ketika sakit adalah minum air sebanyak-banyaknya. Ajaibnya, kebanyakan mereka sembuh atau sakitnya berkurang, setelah minum air putih dalam jumlah banyak selama beberapa hari.

Sekeluarnya dari penjara, Dr. Fereydoon Batmanghelidj melanjutkan studinya di bidang kesehatan khusus mengenai hubungan antara kondisi dehidrasi dengan timbulnya berbagai macam penyakit. Dr. Fereydoon Batmanghelidj memublikasikan penemuannya dalam banyak jurnal ilmiah dan dua buah buku berjudul Your Body’s Many Cries for Water dan How to Deal with Back Pain and Rheumatoid Joint Pain. (Lily Turangan)

(Bestari Kumala Dewi; www.health.com; dan http://health.kompas.com/read/2015/07/12/160000223/Usir.Penyakit.Dengan.Air.Putih.Hangat)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close