Wisata dan Kuliner

Bekantan Patung landmark Banjarmasin

Sebentar lagi, Banjarmasin, memiliki ikon baru wisata kota : Patung Bekantan yang terletak di Jalan Piere Tendean/Pecinan. Terlepas dari pro kontra keberadaannya, H. Muhidin, waktu masih menjabat Walikota, tetap memperjuangkan, hingga kini bisa dilihat hasilnya.

 

Banjarmasin, akan menambah daftar obyek wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara ketika berada di Banjarmasin. Sebagai ibukota propinsi Kalsel, Banjarmasin memang harus banyak memiliki obyek wisata yang membuat betah para pelancong.

 

Dengan kondisi kota yang berada 44 cm di bawah permukaan air laut, Banjarmasin lebih banyak bergelut dengan air dan sungai. Karenanya, wisata air di kota ini lebih dipromosikan. Lihat saja, Pasar Terapung Kuin, Taman Siring Sabilal, atau Taman Siring Pendean, semuanya dipromosikan dengan paket wisata sungai.

 

Puluhan kelotok wisata akan hilir mudik mengantarkan pengunjung menikmati pemandangan Banjarmasin dari atas sungai. Patung Bekantan, yang akhir tahun ini dipastikan dibuka untuk umum, juga masih menggunakan konsep wisata air.

 

Pengunjung bisa menyaksikan patung setinggi 6,8 meter ini yang akan memuntahkan air dari mulutnya. Air yang disemburkan langsung menuju Sungai Martapura yang tepat persis berada di hadapannya. Para pengunjung, selain menikmati patung bekantan ini dari sisi sungai, bisa juga menyewa jasa kelotok wisata yang akan hilir mudik di area taman ini.

 

Nah, jika suatu saat pembaca berkesempatan singgah ke Banjarmasin, maka Anda harus memiliki bukti kalau sudah pulang ke daerah masing-masing. Buktinya? Berfoto di depan patung Bekantan. Landmark ini wajib diabadikan oleh setiap pengunjung. Kalau tidak, mana orang percaya kalau Anda pernah ke Banjarmasin.

 

Kalau Jakarta punya Monas, Bandung punya Gedung Sate, Bukittinggi punya Jam Gadang, Bali punya Pura Tanah Lot, atau kota besar dunia lainnya, seperti Kuala Lumpur punya Petronas, Singapura punya Merlion, Paris dengan Menara Eiffel-nya, New York punya patung Liberty, Dubai dengan gedung Burj Khalifa-nya, Bangkok dengan patung Buddha-nya,

 

Nah, kalau semua pelancong selalu mengabadikan kenangan mereka ke suatu tempat dengan berfoto, maka, tidak afdol kalau sahabat ke Banjarmasin, tidak mampir dan berfoto di Patung Bekantan. (Alipir Budiman; http://www.kompasiana.com/alipirbudiman/patung-bekantan-landmark-banjarmasin_561dffee4423bd86121cf24d)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close