Wisata dan Kuliner

Minum aneka kopi Indonesia gratis

JAKARTA, KOMPAS.com — Mereka yang berminat aneka rasa kopi Indonesia bisa datang ke Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, tanggal 1/10/15. Anda dapat menikmati aneka jenis kopi secara gratis dalam rangka acara Pencanangan Hari Kopi Internasional di Indonesia.

Acara minum kopi gratis ini akan diselenggarakan di Gedung Garuda lantai 2 di Kementerian Perindustrian di Jalan Gatot Subroto Kav 52-53, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Pengunjung bisa mulai datang pada pukul 10.00 WIB hingga ditutup nanti pada pukul 15.00 WIB.

“Nanti (pengunjung) bisa minum kopi gratis dari daerah-daerah di Indonesia. Ada kopi yang terpilih, Gayo, Lintong dari Sumatera Utara, dan Lampung, serta kopi-kopi lain,” kata Direktur Industri Minuman dan Tembakau Kementerian Perindustrian Faiz Achmad saat dihubungi KompasTravel di Jakarta, Selasa (29/9/2015).

Ia sempat menyebutkan kopi Indonesia dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi, hingga Papua, seperti Priangan, Temanggung, Kintamani, Toraja, Kalosi, Bajawa, dan Wamena. Namun, ia belum dapat memastikan kehadiran kopi-kopi tersebut dalam acara minum kopi gratis.

“Saya belum pastikan. Masih kontak asosiasi (kopi) dulu,” lanjutnya.

Ia juga menjelaskan, para pengunjung yang ingin datang tak perlu menyiapkan apa pun untuk dapat menikmati kopi-kopi dari Indonesia tersebut. Faiz menambahkan, terdapat juga pilihan olahan minuman berbahan kopi, seperti cappucino dan moccacino yang dapat dinikmati pengunjung.

Sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di dunia, Indonesia, menurut Faiz, menduduki peringkat kelima dalam daftar negara-negara penghasil kopi. Peringkat pertama diduduki oleh Brasil, kemudian diikuti oleh Vietnam, Kolombia, dan Jerman secara berurutan.

Berdasar konvensi organisasi kopi dunia, International Coffee Organization, perayaan hari kopi disepakati 1 Oktober, dan kali pertama dicanangkan 2015. Sebelumnya, lanjut Faiz, negara2 lain di dunia telah merayakan hari kopi dengan tanggal yang berbeda. (Wahyu Adityo Projo; Ni Luh Made Pertiwi F; http://travel.kompas.com/read/2015/09/29/170200227/Mau.Gratis.Minum.Aneka.Kopi.Indonesia.Coba.Datang.ke.Sini)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close